China-Rusia Veto Resolusi DK PBB Soal Suriah

Selasa, 06 Desember 2016 - 17:34 WIB
China-Rusia Veto Resolusi DK PBB Soal Suriah
China-Rusia Veto Resolusi DK PBB Soal Suriah
A A A
NEW YORK - China dan Rusia dilaporkan telah memveto resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB soal Suriah. Resolusi yang sejatinya disetujui oleh 11 negara tersebut berisi tuntutan untuk menggelar gencatan senjata di Suriah.
Resolusi yang disusun oleh Mesir, Spanyol dan Selandia Baru itu menuntut gencatan senjata di Suriah Aleppo selama setidaknya 7 hari. Di bawah rencana mereka, gencatan senjata ini akan memungkinkan untuk mengirimkan bantuan ke Aleppo dan menciptakan kondisi untuk memulai kembali negosiasi penyelesaian politik dari konflik Suriah.
Sebelum pemungutan suara, Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin mengatakan, pemungutan suara kali ini telah melanggar prosedur DK PBB. Di mana pemungutan suara harus berlangsung minimal 24 jam setelah versi final draft diajukan ke DK PBB.
"Waktu tambahan bisa memberikan waktu kepada DK PBB untuk memperhitungkan keadaan baru tertentu dan konsesus yang akan membantu untuk memperbaiki situasi kemanusiaan di Suriah," kata Churkin, seperti dilansir armradio pada Selasa (6/12).
Dia menambahkan, para pembuat resolusi ini sedang berada di bawah tekanan dari AS, Inggris dan Prancis saat menyerahkan draft resolus tersebut. Dia menyebut hal itu sebagai tindakan provokatif dan merusak upaya internasional terhadap penyelesaian damai di Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)