Sebut ISIS Siapkan Serangan ke Barat, Jenderal AS Serukan Gempur Raqqa

Jum'at, 28 Oktober 2016 - 06:41 WIB
Sebut ISIS Siapkan Serangan ke Barat, Jenderal AS Serukan Gempur Raqqa
Sebut ISIS Siapkan Serangan ke Barat, Jenderal AS Serukan Gempur Raqqa
A A A
WASHINGTON - Jenderal senior Amerika Serikat (AS) menyatakan ISIS tengah merencanakan serangan terhadap Barat dari markasnya di Raqqa, Suriah. Ia pun menyatakan pentingnya pasukan koalisi untuk merebut kembali kota itu.

"Kita tahu rencana ini dan perencanaan yang berasal dari Raqqa. Kami pikir kami punya kemampuan untuk sampai ke Raqqa secepatnya," kata komandan tertinggi militer AS di Irak, Letnan Jenderal Stephen Townsend, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (28/10/2016).

Townsend lantas mengungkapkan saat pasukan AS memberikan dukungan kepada pasukan Kurdi dan Arab untuk merebut Manbij dari tangan ISIS pada Agustus lalu, pihaknya menemukan link ke individu dan rencana serangan ke Prancis, AS, dan negara Eropa lainnya.

"Kami tahu bahwa ini terjadi di Raqqa juga dan jadi saya pikir itu sebabnya penting untuk pergi ke Raqqa," katanya.

Dia mengatakan, serangan itu akan datang dalam tiga tahap. Pertama koalisi pimpinan AS akan melanjutkan serangan udara pada kelompok komando dan kontrol serta posisi tempur seperti yang mereka telah lakukan selama beberapa bulan. Tahap kedua, yang katanya akan berlangsung dalam beberapa minggu, akan mengepung kota dengan pasukan Kurdi dan Arab yang dikenal sebagai Pasukan Demokratik Suriah.

Ketiga akan menyerbu kota. Mereka berharap untuk menggunakan pasukan Suriah Arab untuk membatasi jatuhnya korban sektarian mengingat kota itu adalah rumah bagi kaum Muslim Sunni.

Townsend mengakui bahwa serangan darat untuk merebut kembali Raqqa harus dipenuhi secara politik. Turki mengatakan bahwa Suriah Kurdi seharusnya tidak mengambil bagian dalam operasi itu, sambil bersikeras jika pasukannya harus terlibat.

"Saya berharap untuk orang-orang Arab untuk membebaskan Raqqa, tidak Kurdi," kata salah satu aktivis di Raqqa. Ketika ditanya apa yang dia pikir jika Turki menawarkan bantuan, ia menambahkan: "Jika Raqqa dibebaskan oleh Sunni dengan bantuan setan, maka tidak ada masalah."
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8948 seconds (0.1#10.140)