Rusia Panggil Duta Besar Belanda Terkait Hasil Investigasi MH17

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 04:53 WIB
Rusia Panggil Duta Besar Belanda Terkait Hasil Investigasi MH17
Rusia Panggil Duta Besar Belanda Terkait Hasil Investigasi MH17
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia akan memanggil duta besar Belanda di Moskow pada 3 Oktober terkait hasil investigasi insiden pesawat Malaysia Airlines MH17. Pemanggilan itu untuk menjelaskan alasan Rusia untuk tidak menerima temuan penyelidikan tersebut.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, Moskow akan menjelaskan alasan untuk tidak menerima metode penyelidikan internasional yang dinilai telah melakukan penyelidikan "di jalur yang salah" seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/10/2016).

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Belanda memanggil duta besar Rusia di Den Haag untuk memberikan teguran diplomatik pada hari Jumat setelah Moskow membuat komentar kritis terkait penyelidikan MH17.

Sebuah tim investigasi internasional Rabu lalu mempresentasikan hasil temuan yang menunjukkan rudal yang digunakan untuk menembak jatuh pesawat MH17 di timur Ukraina pada 2014 lalu berasal dari Rusia. Rudal tersebut kemudian kembali ke Moskow, meskipun Rusia membantah terlibat dalam konflik di Ukraina.

Baca juga:
Jaksa Sebut Pesawat MH17 Ditembak Rudal Buatan Rusia


Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 ditembak jatuh saat melakukan perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur pada bulan Juli 2014. Semua penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 298 tewas dimana sebagai besar dari mereka adalah warga Belanda.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4053 seconds (0.1#10.140)