PBB: Serangan Terhadap Konvoi Kemanusiaan Adalah Kejahatan Perang

Selasa, 20 September 2016 - 16:14 WIB
PBB: Serangan Terhadap Konvoi Kemanusiaan Adalah Kejahatan Perang
PBB: Serangan Terhadap Konvoi Kemanusiaan Adalah Kejahatan Perang
A A A
NEW YORK - PBB menyatakan, jika serangan terhadap konvoi bantuan kemanusiaan di Aleppo adalah sebuah kesengajaan, maka ini adalah kejahatan perang. Konvoi kemanusiaan PBB, yang bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Suriah menjadi korban serangan udara yang diduga dilakukan jet tempur Suriah atau Rusia.
Kepala bantuan PBB, Stephen O'Brien mengatakan, pihaknya telah menyerukan penyelidikan penuh atas insiden tersebut. Dan, bila terbukti benar serangan itu adalah serangan yang disengaja, maka serangan itu masuk dalam kategori kejahatan perang.
"Biarkan saya memperjelas hal ini: jika serangan tak berperasaan ini memang sengaja menargetkan konvoi yang membawa bantuan kemanusiaan, itu akan dianggap kejahatan perang," ucap O'Brien, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (20/9).
Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, sejumlah jet tempur melakukan puluhan serangan di sekitar Aleppo, yang beberapa diantaranya mengenai konvoi bantuan kemanusiaan PBB.
Kelompok yang berbasis di London itu mengatakan, setidaknya 32 orang tewas dalam serangan tersebut. Dimana, 12 diantaranya adalah anggota tim kemanusiaan PBB dan juga Bulan Sabit Merah Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3176 seconds (0.1#10.140)