Koalisi Saudi Kembali Serang RS di Yaman, 11 Tewas

Selasa, 16 Agustus 2016 - 15:47 WIB
Koalisi Saudi Kembali Serang RS di Yaman, 11 Tewas
Koalisi Saudi Kembali Serang RS di Yaman, 11 Tewas
A A A
SANAA - Médecins Sans Frontières (MSF), organisasi kedokteran yang bergerak di wilayah konflik menuturkan, serangan udara yang diduga dilakukan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi kembali menghantam salah satu rumah sakit mereka di Yaman. Kali ini, rumah sakit yang diserang adalah rumah sakit Abs, yang berada di wilayah Hajjah.

"Rumah sakit Abs yang berada di timur laut Yaman, kemarin sore pada pukul 15.45 dihantam oleh serangan udara. Serangan ini menewaskan setidaknya 11 orang dan melukai 19 orang lainnya," kata MSF dalam lamam resmi mereka pada Selasa (16/8).

MSF menuturkan, dari 11 orang yang tewas, sembilan diantaranya tewas di tempat. Sementara itu dua orang lainnya, yang tak lain adalah pasien MSF, tewas saat dilarikan ke rumah sakit al-Jamhouri, yang berada dekat dengan rumah sakit Abs.

Menurut Teresa Sancristóval, manajer MSF untuk Yaman, ini adalah serangan keempat yang menghantam fasilitas MSF yang berada di Yaman. Dia mendesak agar semua pihak menghentikan serangan terhadap fasilitas kesehatan di Yaman.

"Sekali lagi, hari ini kita menyaksikan konsekuensi tragis pemboman rumah sakit. Sekali lagi, sebuah rumah sakit yang berfungsi dan penuh dengan pasien dan anggota MSF, dibom dalam perang. Sebuah serangan udara menghantam kompleks rumah sakit, menyebabkan 11 orang kehilangan nyawa mereka," kata Sancristóval

"Bahkan dengan resolusi PBB baru-baru ini yang menyerukan diakhirinya serangan terhadap fasilitas medis dan dengan deklarasi tingkat tinggi untuk Hukum Humaniter Internasional. Sepertinya tidak ada yang bisa dilakukan untuk membuat pihak yang terlibat dalam konflik di Yaman menghormati staf medis dan pasien. Entah disengaja atau akibat dari kelalaian, ini tidak dapat diterima," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3963 seconds (0.1#10.140)