Jong-un Puji Uji Coba Nuklir Korut

Jum'at, 06 Mei 2016 - 23:15 WIB
Jong-un Puji Uji Coba Nuklir Korut
Jong-un Puji Uji Coba Nuklir Korut
A A A
PYONGYANG - Diktator muda Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya atas keberhasilan negara komunis itu melakukan uji coba nuklir. Uji coba itu sendiri menuai kecaman dunia internasional.

Dalam kongres partai penguasa, Partai Pekerja Korut, Jong-un memuji prestasi nuklir yang diukir negaranya. "Hasil tak tertandingi telah dicapai," katanya dalam pidato saat membuka kongres partai di hadapan ribuan delegasi, dikutip dari BBC, Jumat (6/5/2016).

Jong-un mengatakan, tahun ini Korut telah melakukan uji coba senjata nuklir dan mengirim roket ke ruang angkasa. Meski begitu, aksi Korut ini menuai kecaman dan berujung sanksi dari Dewan Keamanan (DK) PBB.

Kongres Partai Pekerja Korut ini adalah yang pertama kalinya digelar dalam 36 tahun terakhir. Kongres ini diyakini adalah sarana untuk Jong-un mempertegas dirinya sebagai pemimpin negara itu.

Lebih dari 100 wartawan asing diundang untuk meliput acara kongres ini. Meski begitu, para jurnalis tersebut dilarang mendekati the April 25 House of Culture, lokasi kongres diselenggarakan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4856 seconds (0.1#10.140)