Korut Tuding Tentara AS Lakukan Aksi Provokasi di Perbatasan

Jum'at, 29 April 2016 - 20:51 WIB
Korut Tuding Tentara AS Lakukan Aksi Provokasi di Perbatasan
Korut Tuding Tentara AS Lakukan Aksi Provokasi di Perbatasan
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) menuding tentara Amerika Serikat (AS) mencoba untuk memprovokasi pasukan garis depan mereka. Pyongyang menuduh AS dengan tindakan menjijikan dan mendorong tentara Korea Selatan (Korsel) untuk mengarahkan senjatanya ke Korut.

Pernyataan militer Korut memperingatkan tentara AS untuk menghentikan apa yang mereka sebut sebagai "hooliganisme" di desa perbatasan antar Korea, Panmunjom, atau mereka akan bertemu dengan "anjing kematian setiap saat dan di setiap tempat."

"GI yang bersenjata lengkap meminta tentara boneka Korsel untuk melakukan aksi memalukan dengan tujuan memprovokasi militer Korut pada pekan lalu," bunyi pernyataan militer Korut seperti disitir dari laman ABC News, Jumat (29/4/2016).

Dikatakan dalam pernyataan itu, pasukan AS menunjuk jari mereka pada tentara Korut dan membuat suara-suara aneh serta membuat ekspresi wajah yang menjijikan.

Tuduhan aksi provokasi ini memang kerap terjadi antara Korut dengan Korsel dan AS. Pada tahun 2006 lalu, AS menuding tentara Korut meludahi garis demarkasi perbatasan, membuat gerakan tangan menebas tenggorokan dan mengacungkan jari tengah mereka.

Tudingan provokasi Korut ini muncul di tengah rapat konsultasi tertutup yang dilakukan oleh Dewan Keamanan PBB atas usulan AS dalam menyikapi uji coba rudal Korut. Korut pun dibayangi sanksi baru yang lebih tegas atas aktivitasnya itu karena telah melanggar resolusi PBB.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3410 seconds (0.1#10.140)