Gempa Kuat Guncang Asia Selatan

Minggu, 10 April 2016 - 22:24 WIB
Gempa Kuat Guncang Asia Selatan
Gempa Kuat Guncang Asia Selatan
A A A
KABUL - Gempa bumi berkekuatan 6,6 SR melanda Asia Selatan pada hari Minggu (10/4/2016). Gempa ini membuat sejumlah bangunan di Pakistan, Afghanistan dan India bergetar. Meski begitu, tidak ada laporan terkait kerusakan atau korban.

Menurut U.S. Geological Survey (USGS), gempa itu berpusat sekitar 40 km (25 mil) barat dari Ashkasham di Afghanistan timur laut dekat perbatasan dengan Tajikistan seperti dikutip dari Reuters.

Warga meninggalkan rumah mereka di Kabul dan Islamabad ketika gempa melanda. Sejumlah bangunan bergoyang selama lebih dari satu menit di kedua ibukota. Laporan serupa juga diterima dari seluruh bagian utara dan tengah Pakistan.

Orang-orang di kota Pakistan Lahore, 630 km dari pusat gempa, juga melaporkan merasakan getaran. Seorang saksi Reuters di Chitral mengatakan gempa kuat tapi tidak ada kerusakan besar terlihat. Tremor juga dirasakan di ibukota India dan di Kashmir, dimana orang-orang berlarian keluar dari gedung. Sistem kereta bawah tanah juga dihentikan semebentar.

Wilayah Hindu Kush yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan merupakan daerah seismik aktif, dengan gempa sering merasa seluruh wilayah. Hanya lebih dari satu dekade yang lalu, gempa 7,6 skala Richter di bagian lain dari Pakistan utara menewaskan sekitar 75.000 orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3974 seconds (0.1#10.140)