Kapal Perang AS ke Laut China Selatan, Ini Kata China

Kamis, 08 Oktober 2015 - 20:16 WIB
Kapal Perang AS ke Laut China Selatan, Ini Kata China
Kapal Perang AS ke Laut China Selatan, Ini Kata China
A A A
BEIJING - Amerika Serikat (AS) dikabarkan akan mengirimkan kapal perangnya ke wilayah Laut China Selatan dan mendekati pulau buatan China dalam jarak 12 mil laut. Rencana ini kabarnya akan dilangsungkan dalam waktu dua pekan mendatang.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, mengatakan, pihak China memberi perhatian lebih atas laporan tersebut. Menurutnya, China dan AS telah membangun komunikasi yang menyangkut semua aspek tentang isu Laut China Selatan.

"Saya percaya pihak AS sengat jelas tentang sikap China yang relevan." kata Chunying. "Kami berharap pihak AS bisa obyektif dan adil dalam melihat situasi saat ini di Laut China Selatan, dan China, benar-benar memainkan peran yang konstruktif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," tambahnya seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (8/10/2015).

Sementara itu, menanggapi laporan ini, pihak Gedung Putih menolak untuk berkomentar. Sedangkan pihak Departemen Luar Negeri AS dan Pentagon belum mengeluarkan pernyataan terkait hal tersebut.

China telah mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, dimana mereka membangun pulau buatan di sekitarnya. Tidak hanya itu, China juga menyebar kapal-kapal Angkatan Lauta di wilayah tersebut, yang membuat AS menilai hal itu dapat mengancam kebebasan navigasi di daerah yang menjadi jalur perdagangan global.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7318 seconds (0.1#10.140)