Al Shabaab Rebut Dua Kota di Somalia Selatan

Sabtu, 05 September 2015 - 22:37 WIB
Al Shabaab Rebut Dua Kota di Somalia Selatan
Al Shabaab Rebut Dua Kota di Somalia Selatan
A A A
MOGADISHU - Kelompok militan Al Shabaab berhasil menguasai dua kota selama dua hari di sebelah barat daya Somalia. Keberhasilan Al Shabaab ini kurang dari seminggu setelah mereka menyerang pangkalan milik Uni Afrika di daerah yang sama.

Dalam pernyataannya, Al Shabaab menyatakan, mereka telah menguasai dua kota kecil di wilayah Bawah Shabelle-El Saliindi, 65 km sebelah selatan dari ibukota Mogadishu. Kota-kota itu terletak di sepanjang perjalanan dari Mogadishu ke pelabuhan Marka dan Kuntuweral, seperti dikutip dari laman Trust, Sabtu (5/9/2015).

"Sangat menyedihkan mengatakan bahwa Al Shabaab telah mengambil alih El Saliindi. Sedangkan pasukan Uni Afrika telah menarik diri dan sekarang Al Shabaab mengontrol daerah itu," ujar Gubernur Lower Shabelle.

Sebelumnya, kelompok Al Shabaab telah menyerang konvoi pasukan Uni Afrika di luar Marka dan mengklaim telah membunuh beberapa tentara dalam serangan itu.

Hal ini dibenarkan oleh Gubernur Lower Shabelle, namun ia tidak mengetahui secara persis jumlah korban. "Sebuah bom pinggir jalan yang menargetkan kendaran Uni Afrika meledak di luar Marka. Kami tidah tahu tentang rincian korban," ujarnya.

Al Shabaab berhasil menguasai pangkalan militer Uni Afrika, 90 km sebelah selatan Mogadishu pada 1 September lalu. Serangan itu bertepatan dengan satu tahun tewasnya pemimpin kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaeda ini, Ahmed Abdi Godane, akibat serangan udara Amerika Serikat (AS).
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4460 seconds (0.1#10.140)