Polandia Konfirmasi Kereta Hantu Nazi yang Diisukan Angkut Emas

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 09:19 WIB
Polandia Konfirmasi Kereta Hantu Nazi yang Diisukan Angkut Emas
Polandia Konfirmasi Kereta Hantu Nazi yang Diisukan Angkut Emas
A A A
WARSAWA - Polandia secara resmi mengkonfirmasi lokasi temuan kereta Nazi Jerman yang lenyap misterius menjelang akhir Perang Dunia II. Kereta hantu Nazi itu diisukan mengangkut hingga 300 ton emas dan berbagai senjata.

Konfirmasi resmi itu muncul dari Wakil Menteri Kebudayaan Polandia, Piotr Zuchowski. Menurutnya, foto yang telah diambil menggunakan peralatan radar penembus tanah menunjukkan keberadaan kereta dengan panjang lebih dari 100 meter.

Kerata lapis baja itu, kata dia, membawa kargo khusus.”Mungkin peralatan militer, tetapi juga mungkin perhiasan, karya seni dan arsip dokumen,” katanya kepada wartawan di Warsawa, Jumat, yang dilansir Reuters, Sabtu (29/8/2015).

”Saya lebih dari 99 persen yakin bahwa kereta tersebut ada, meskipun para ahli hanya akan percaya setelah mereka berhasil mengungkap kendaraan itu,” ujarnya. (Baca: Kereta Hantu Nazi Pengangkut 300 Ton Emas Diklaim Ditemukan)

Pihak berwenang mulai mencari kereta hantu Nazi tersebut pada bulan ini. Pencarian itu dilakukan setelah beberapa waktu lalu, seorang pengacara dari firma hukum yang mewakili pemburu harta karun asal Jerman dan Polandia mengklaim menemukan kereta itu di sebelah barat daya Distrik Walbrzych. Para pengklaim itu berharap mendapatkan 10 persen dari nilai temuan sebagai hadiah.

Kereta Nazi itu menghilang misterius ketika melewati sebuah terowongan di dekat perbatasan Polandia dengan Jerman pada tahun 1945, saat pasukan Tentara Merah Soviet mengejarnya.

Zuchowski mengatakan, awal dari cerita itu bersumber dari seorang pria yang mengaku bahwa dia telah membantu menyembunyikan kereta itu. ”Di ranjang kematian, orang ini menyamapaikan informasi, bersama dengan sketsa, di mana ini mungkin (lokasi kereta),” ujarnya tanpa menjelaskan rincian lebih lanjut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3672 seconds (0.1#10.140)