4 Negara Bekas Kekaisaran Roma Suci Terkuat Militernya, Prancis Lebih Unggul dari Jerman

Kamis, 10 Agustus 2023 - 17:01 WIB
loading...
4 Negara Bekas Kekaisaran Roma Suci Terkuat Militernya, Prancis Lebih Unggul dari Jerman
Tentara Prancis berjaga di dekat Menara Eiffel, Paris. Foto/REUTERS
A A A
ROMA - Kekaisaran Romawi Suci adalah entitas politik yang terdiri dari berbagai wilayah di Eropa tengah yang berlangsung dari tahun 962 hingga 1806.

Kekaisaran ini mengklaim sebagai penerus dari Kekaisaran Romawi Kuno, meskipun tidak memiliki hubungan langsung dengan Roma.

Kekaisaran Romawi Suci juga disebut sebagai Kekaisaran Jerman, karena sebagian besar wilayahnya adalah daerah Kerajaan Franka Timur, yang merupakan cikal bakal Jerman modern.

Sementara itu, Kekaisaran ini sudah dibubarkan pada tahun 1806 akibat Perang Napoleon, yang menginvasi dan menduduki sebagian besar wilayahnya. Namun bekas dari kekaisaran ini muncul sebagai negara yang mempunyai militer yang cukup kuat.

Berikut empat negara bekas Kekaisaran Romawi Suci yang punya militer terkuat:

1. Prancis


Menurut Global Fire Power 2023, Prancis memiliki peringkat kekuatan militer ke-9 di dunia, dengan skor PowerIndex sebesar 0.1848.

Negara ini memiliki anggaran pertahanan sebesar USD63,8 miliar, jumlah personel aktif sebesar 205.000 orang, dan jumlah cadangan sebesar 100.000 orang.

Prancis juga memiliki armada udara yang kuat dengan 1.057 pesawat, termasuk 273 pesawat tempur dan 64 pesawat penyerang. Armada laut Prancis terdiri dari 118 kapal, termasuk 4 kapal induk, 10 kapal selam, dan 11 fregat.

Prancis adalah salah satu anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan anggota NATO. Namun Prancis juga terlibat dalam berbagai operasi militer internasional, seperti di Mali, Irak, Suriah, dan Lebanon.

2. Italia


Global Firepower menempatkan Italia di urutan 10 besar negara terkuat di dunia. Italia diketahui memiliki kekuatan di berbagai bidang termasuk armada pesawat tanker udara, total kekuatan helikopter, kekuatan pesawat serang, dan jumlah total kapal perang kapal induknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)