Saudi Klaim Tak Berambisi Menguasai Yaman

Kamis, 27 Agustus 2015 - 15:23 WIB
Saudi Klaim Tak Berambisi Menguasai Yaman
Saudi Klaim Tak Berambisi Menguasai Yaman
A A A
RIYADH - Arab Saudi dan koalisinya mengklaim tidak berambisi untuk mengusai teritorial Yaman. Hal itu disampaikan juru bicara militer Kementerian Pertahanan Saudi yang juga juru bicara koalisi, Brigadir Jenderal Ahmed Al-Assiri.

”Serangan Koalisi yang dipimpin Saudi ke wilayah Yaman adalah langkah taktis. Koalisi tidak memiliki ambisi yang jauh terhadap wilayah Yaman,” kata Assiri kepada Al-Jazeera.

Dia mengatakan bahwa agresi koalisi itu untuk mencegah milisi Houthi dan pasukan loyalis mantan Presiden Ali Abdullah Saleh untuk menggulingkan pemerintah sah Yaman di bawah kepemimpinan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi.

Assiri mengatakan bahwa Houthi dan sekutunya saat ini menghadapi kesulitan karena mereka telah menderita kerugian besar dalam berbagai bidang.

Jenderal Saudi itu menambahkan, kelompok pemberontak Houthi justru mulai meningkatkan serangannya terhadap wilayah Saudi di dekat perbatasan Yaman. Kendati demikian, dia memastikan Houthi tidak akan meraih kemenangan.

“Sulit untuk mengomentari apa yang akan dilakukan, tetapi kami menekankan bahwa kepemimpinan dan pasukan koalisi akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah Houthi yang ingin melanjutkan tindakan mereka yang tidak masuk akal,” lanjut dia, yang dilansir Kamis (27/8/2015).

Assiri menekankan perlunya koalisi untuk menghilangkan “sumber api” pada bom yang mengancam kehidupan dan warga Yaman sebelum memasuki tahap berikutnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)