Milisi Houthi Membom Aden, 43 Rakyat Sipil Yaman Tewas

Senin, 20 Juli 2015 - 15:32 WIB
Milisi Houthi Membom Aden, 43 Rakyat Sipil Yaman Tewas
Milisi Houthi Membom Aden, 43 Rakyat Sipil Yaman Tewas
A A A
ADEN - Milisi Houthi membom sebuah wilayah di Aden, Yaman, pada hari Minggu kemarin. Sebanyak 43 warga sipil Yaman tewas dan 173 orang lainnya terluka.

Seorang pejabat Kementerian Kesehatan Yaman, Al-Khader Laswar, mengatakan, pemboman itu terjadi dua hari setelah Aden dinyatakan telah bebas dari pendudukan milisi Houthi. Pemboman itu terjadi di lingkungan Dar Saad, kawasan pelabuhan.

Selain pemboman, bentrokan terjadi antara milisi Houthi dengan pasukan lokal loyalis Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi, yang didukung koalisi Arab Saudi untuk memperebutkan sebagian wilayah Aden.

Sejak Aden diyatakan bebas dari pendudukan Houthi, para menteri Yaman menggelar pertemuan yang bertujuan untuk mengamankan kota utama di Aden. Pertemuan itu juga untuk membuka kembali bandara dan pelabuhan di Yaman agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Yaman.

Konflik di Yaman selama beberapa bulan telah membuat rakyat di negara itu sengsara. ”Tidak ada kehidupan! Tidak ada rumah sakit, tidak ada listrik, tidak ada air. Kalau tidak ada dua sumur dari lingkungan, orang akan mati kehausan,” kata warga Yaman, Moatez Al-Mayssuri, seperti dikutip Arab News, Senin (20/7/2015).

Di lokasi lain, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan kobaran api di depot gas di dekat Taiz yang diserang milisi Houthi. Pada hari Minggu kemarin, para milisi lokal pro-Presiden Hadi bergerak menuju sebuah distrik yang dikuasai pemberontak Al-Tawahi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4568 seconds (0.1#10.140)