AS Tangkap Militan Wanita ISIS Pelaku Perbudakan Seksual

Selasa, 07 Juli 2015 - 13:43 WIB
AS Tangkap Militan Wanita ISIS Pelaku Perbudakan Seksual
AS Tangkap Militan Wanita ISIS Pelaku Perbudakan Seksual
A A A
DEIR EZZOR - Pasukan Amerika Serikat (AS) menangkap Umm Sayyaf, militan wanita ISIS yang dituding melakukan perbudakan seksual. Dia ditangkap ketika AS meluncurkan serangan di Deir Ezzor, Suriah.

Dalam serangan itu, suaminya, Abu Sayyaf, tewas. Namun, laptop dan ponsel korban disita pasukan AS. Sebelum tewas, Abu Sayyaf dikenal sebagai pejabat tinggi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yakni setara “Menteri Minyak”.

Setelah ditangkap, Umm Sayyaf telah bekerja sama dengan para pejabat AS. Dari militan wanita ISIS inilah, AS mendapatkan nama dan rincian kontak para komandan dan petinggi ISIS.

Umm Sayyaf yang kini ditahan oleh pasukan khusus AS mengaku sebelumnnya ikut menjalankan praktik perbudakan seksual terhadap para wanita yang disandera ISIS.

Ditangkapnya Umm Sayyaf membuat AS memperoleh banyak data tentang para petinggi ISIS, termasuk kemungkinan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

“Umm Sayyaf memiliki pandangan dari atas ke bawah (dari kepemimpinan ISIS),” kata pejabat senior Pertahanan AS kepada Daily Beast,semalam(6/7/2015)yang berbicara dalam kondisi anonim. Menurutnya, dari Umm Sayyaf juga diperoleh nama-nama komandan ISIS serta metode komunikasi yang mereka gunakan.

Sosok Umm Sayyaf, diketahui pernah munculbersama para wanita Yazidi yang dijadikan budak seksual di sebuah gedung di Deir Ezzor, Suriah. Militan wanita ISIS ini diyakini memiliki jaringan militan wanita yang terkait dengan perekrutan, operasi mata-mata, penangkapan serta penjualan para budak seksual.

Sebelum penangkapan terhadap Umm Sayyaf, seorang pembelot wanita ISIS berusia 23 tahun pernah mengungkapkan cara kerja kelompok radikal itu. Wanita asal Suriah itu telah menyeberangi perbatasan Turki dan berbicara kepada media dengan nama samaran Ummu Asma.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4268 seconds (0.1#10.140)