Rusia Disebut Akan Kirim Bantuan Militer ke Suriah

Senin, 29 Juni 2015 - 20:45 WIB
Rusia Disebut Akan Kirim Bantuan Militer ke Suriah
Rusia Disebut Akan Kirim Bantuan Militer ke Suriah
A A A
MOSKOW - Seorang Menteri Suriah mengklaim, bahwa pemerintah Rusia telah menjanjikan pihaknya berbagai macam bantuan. Bantuan yang dimaksud mulai dari bantuan ekonomi, hingga bantuan militer, dimana Suriah sejauh ini masih direpotkan oleh perlawanan kaum pemberontak.

Klaim tersebut dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Moualem. Dirinya bahkan mengatakan, janji pemberian bantuan tersebut diutarakan langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya mendapatkan janji bantuan untuk Suriah. Mulai dari bantuan politik, ekonomi dan juga militer," kata Moualem kala melakukan jumpa wartawan di Moskow, paska melakukan pertemuan dengan Putin. Namun, Seperti dilansir Reuters pada Senin (29/6/2015), dirinya enggan memberikan rincian lebih lanjut mengenai bentuk bantuan yang akan diberikan Rusia.

Namun, Pernyataan Moulaem sejatinya seperti bertolak belakang dengan apa yang sempat diutarakan Putin. Sebelumnya, Putin mengatakan tidak akan mengubah atau menambahkan bantuan apapun untuk Suriah.

Suriah sendiri memang sangat bergantung pada sekutu-sekutu mereka untuk bisa bertahan. Selain Rusia, Iran dan juga Hizbullah adalah pihak lain yang selalu memberikan bantuan kepada Suriah, baik ekonomi ataupun militer.

Kondisi Suriah terus memburuk sejalan dengan terus bergulirnya konflik di negara mereka. Semula, Suriah hanya bermasalah dengan pemberontak, yang mulai menjalankan aksinya empat tahun lalu. Tapi, kini Suriah juga dipusingkan oleh ISIS yang sudah menguasai beberapa wilayah di perbatasan Suriah dengan Irak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5285 seconds (0.1#10.140)