Jet-jet Tempur Rusia Bombardir Idlib Suriah

Senin, 03 Januari 2022 - 11:44 WIB
loading...
Jet-jet Tempur Rusia Bombardir Idlib Suriah
Pemandangan wilayah Idlib, Suriah, sebelum dibombardir jet-jet tempur Rusia. Foto/REUTERS/Khalil Ashawi/File Photo
A A A
DAMASKUS - Jet-jet tempur Rusia membombardir sebuah wilayah di Idlib, barat laut Suriah , pada Minggu. Wilayah itu dikenal sebagai benteng terakhir para pemberontak di negara yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad.

Menurut pusat pelacakan penerbangan, pesawat-pesawat tempur Sukhoi Rusia terbang di ketinggian dan kemudian menjatuhkan bom di beberapa kota dan stasiun pompa air utama yang melayani kota Idlib.

Baca juga: Sebut Assad Pahlawan, Maduro Yakin SuriahBakal Menang Lawan Teroris

Kota yang penuh sesak itu memiliki populasi lebih dari satu juta jiwa.

Tidak ada komentar dari Rusia atau pun militer Suriah. Kedua pihak selama ini menyatakan bahwa serangan mereka menargetkan tempat persembunyian kelompok-kelompok militan yang menguasai Idlib dan menyangkal melakukan serangan terhadap warga sipil.

Seorang pejabat di layanan utilitas air kota Idlib mengatakan fasilitas tersebut tidak berfungsi sebagai akibat dari serangan udara.

Seorang pejabat senior PBB mengonfirmasi stasiun air itu rusak parah dalam serangan udara. Menurutnya, serangan semacam itu memperburuk keadaan kemanusiaan jutaan pengungsi Suriah.

"Penghancuran infrastruktur sipil yang berkelanjutan hanya akan menyebabkan lebih banyak penderitaan warga sipil. Serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil harus dihentikan," kata wakil koordinator kemanusiaan regional PBB, Mark Cutts, dalam sebuah tweet, yang dilansir Reuters, Senin (3/1/2022).

Saksi mata mengatakan serangan dalam 24 jam terakhir di daerah kantong yang dikuasai pemberontak juga menghantam peternakan unggas di Bab al-Hawa yang berbatasan dengan Turki.

"Rusia fokus pada infrastruktur dan aset ekonomi. Ini untuk menambah penderitaan rakyat," kata Abu Hazem Idlibi, seorang pejabat di pemerintahan oposisi Suriah.

Target lainnya termasuk desa-desa di wilayah Jabal al-Zawiya di bagian selatan provinsi Idlib, tanpa ada laporan segera mengenai korban jiwa dan luka.

Serangkaian serangan setelah tengah malam pada hari Sabtu hingga Minggu dini hari menghantam kamp-kamp darurat yang menampung ribuan keluarga telantar di dekat Jisr al Shuqhur, barat Idlib.

Dinas pertahanan sipil setempat mengatakan dua anak dan seorang wanita tewas dalam serangan tersebut. Selain itu, 10 warga sipil lainnya terluka.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1490 seconds (11.97#12.26)