20 Maskapai Teraman di Dunia 2023, Enam di Antaranya dari Asia

Rabu, 18 Januari 2023 - 20:15 WIB
loading...
20 Maskapai Teraman di Dunia 2023, Enam di Antaranya dari Asia
20 Maskapai Teraman di Dunia 2023, Enam di Antaranya dari Asia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Peringkat dua puluh maskapai teraman di dunia ini dikeluarkan oleh Airline Rating untuk tahun 2023. Setiap tahunnya situs tersebut selalu merilis daftar maskapai teraman di dunia.

Untuk tahun ini terdapat enam maskapai dari Asia masuk dalam daftar. Dua puluh maskapai teraman di dunia ini juga selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi keselamatan, keunggulan operasional, dan peluncuran pesawat baru yang canggih.

Berikut 20 Maskapai Teraman di Dunia 2023 menurut Airline Rating:



1. Qantas
Qantas berada di urutan pertama sebagai maskapai teraman di dunia. Sebelumnya maskapai ini merupakan milik New Zealand sebelum akhirnya diakuisisi oleh Australia pada tahun 2022.

Maskapai ini telah masuk dalam daftar sejak tahun 2021 lalu, dan pada tahun 2022 sempat menempati posisi ke tujuh.

2. Air New Zealand
Berikutnya adalah Air New Zealand yang harus bergeser ke posisi ke dua setelah pada tahun 2022 menempati urutan pertama. ANZ merupakan maskapai nasional negara tersebut dan melayani penerbangan Australia, Pasifik, Asia, dan Amerika Utara.

3. Etihad Airways
Maskapai asal Uni Emirat Arab ini juga turun setelah pada tahun 2022 lalu menempati posisi ke dua. Maskapai yang berbasis di Abu Dhabi ini merupakan salah satu maskapai nasional yang melayani penerbangan ke Timur Tengah, Afrika, Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Australia.

4. Qatar Airways
Qatar Airways juga turun satu tempat tahun ini. Maskapai yang berbasis di Doha milik Qatar tersebut memiliki jaringan rute yang luas dengan melintasi Timur Tengah, Afrika, Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Utara.

5. Singapore Airlines
Berpindah ke Asia Tenggara, kini ada Singapore Airlines yang terkenal akan penerbangan jarak jauhnya. Beberapa tujuan dari maskapai ini diantaranya, Asia, Amerika Utara, Australasia, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah.



6. TAP Air Portugal
Maskapai yang baru masuk peringkat pada tahun 2022 lalu ini kembali melanjutkan tren positifnya. Maskapai asal Portugal ini juga menjadi maskapai teraman di Eropa di tahun 2023.

7. Emirates
Setelah berada di peringkat ke 20 pada tahun 2022 lalu, kini maskapai asal UEA tersebut naik ke posisi ke tujuh. Berbasis di Dubai, Emirat terkenal dengan mengoperasikan armada pesawat Airbus A380 yang merupakan salah satu pesawat terbesar di dunia.

8. Alaska Airlines
Alaska Airlines menjadi maskapai penerbangan milik AS dengan peringkat tertinggi dalam daftar 20 teratas. Maskapai ini juga selalu bertahan di posisi kedelapan sejak tahun 2021. Alaska mengoperasikan penerbangan domestik melintasi AS serta rute internasional ke Kanada, Amerika Tengah, dan Meksiko.

9. EVA Air
Maskapai asal Taiwan yang bermarkas di Taipei ini merupakan maskapai penerbangan terbesar kedua di negara tersebut setelah China Airlines. EVA menerbangi rute regional dan internasional ke Asia, Australia, Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat.

10. Virgin Australia/Atlantic
Virgin Australia berbasis di Brisbane dan merupakan maskapai terbesar kedua di Australia yang mengoperasikan rute melintasi Australia, Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Afrika Selatan.



11. Cathay Pacific Airways
Maskapai yang berbasis di Hong Kong ini masih menetap di peringkat ke sebelas. Beberapa rute yang dilintasinya adalah, Asia-Pasifik, Afrika, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

12. Hawaiian Airlines
Maskapai dari Amerika Serikat berikutnya ini bermarkas di hubnya di Bandara Internasional Honolulu di O'ahu dan Bandara Kahului di Maui. Maskapai ini terbang mengelilingi kepulauan Hawaii, menawarkan rute ke benua AS, dan mengoperasikan layanan internasional ke Asia, Pasifik, dan Australia.

13. SAS
Scandinavian Airlines lebih dikenal sebagai SAS berhasil masuk daftar pada tahun ini. Maskapai penerbangan nasional negara negara Nordik ini melayani penerbangan ke beberapa negara di Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

14. United Airlines
Setelah pada tahun 2022 lalu berada di posisi ke 19, kini United Airlines berhasil naik ke posisi 14. Maskapai ini adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di dunia setelah bergabung dengan Continental Airlines pada tahun 2010 dan mengoperasikan jaringan domestik dan internasional yang kuat ke lebih dari 120 tujuan di seluruh dunia.

15. Lufthansa/Swiss Group
Maskapai yang berbasis di Frankfurt dan mengoperasikan jaringan internasional besar di seluruh Eropa, Asia Pasifik, Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Afrika. Pada tahun 2022 Lufthansa berada di posisi ke 14 dan harus turun satu peringkat di tahun ini.



16. Finnair
Urutan selanjutnya ditempati oleh maskapai yang bermarkas di Helsinki, Finlandia. Maskapai ini juga dikenal memiliki jaringan domestik dan internasional yang luas, menerbangi rute regional di Finlandia dan Skandinavia serta rute jarak jauh ke Asia, Eropa, AS, dan Kanada.

17. British Airways
British Airways yang berkantor pusat di Inggris ini merupakan maskapai penerbangan Britania Raya yang terbang ke lusinan kota di seluruh Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Amerika Serikat. Maskapai ini beroperasi di tiga bandara wilayah London, termasuk Heathrow, Gatwick, dan London City.

18. KLM
KLM yang sebelumnya berada di posisi 16 tahun 2022 ini harus turun dua peringkat. Maskapai penerbangan Eropa ini bermarkas di Bandara Schiphol Amsterdam, Belanda.

19. American Airlines
Sebelumnya, maskapai ini sempat bercongkol di urutan ke 13 pada 2022 lalu. Maskapai yang berbasis di Dallas/Fort Worth ini memiliki jaringan domestik dan internasional yang kuat yang membawa penumpang ke berbagai tujuan di Eropa, Asia Pasifik, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

20. Delta Air Lines
Kembali dari Maskapai milik Negeri Paman Sam, kini ada Delta yang turun satu peringkat. Maskapai ini adalah maskapai penerbangan internasional yang besar, setelah bergabung dengan Northwest Airlines pada tahun 2008.

Delta beroperasi ke berbagai tujuan di Timur Tengah, Amerika Tengah dan Selatan, Asia, Afrika, Australia, dan Eropa dari beberapa hub di AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2559 seconds (0.1#10.140)