Rusia Sebut Belarusia Dapat Masuk ke Perang Ukraina Jika....

Sabtu, 14 Januari 2023 - 01:00 WIB
loading...
Rusia Sebut Belarusia Dapat Masuk ke Perang Ukraina Jika....
Pejabat Moskow sebut Belarusia dapat masuk ke konflik di Ukraina jika Kiev menginvasi negara itu atau pun Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa Belarusia dapat masuk ke konflik di Ukraina jika Kiev memutuskan untuk menyerang Minsk atau pun Moskow.

Rusia menggunakan Belarusia sebagai batu loncatan untuk menyerang Ukraina pada Februari 2022, dan sejak Oktober telah mengerahkan pasukan di Belarusia untuk latihan militer bersama.

Kedua negara sejak itu sepakat untuk mengintensifkan kerja sama militer mereka, meningkatkan kekhawatiran bahwa Moskow dapat menggunakan sekutu dekatnya untuk melancarkan serangan baru ke Ukraina dari utara.



Dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah, pejabat Kementerian Luar Negeri Aleksey Polishchuk mengatakan bahwa latihan bersama Rusia dengan Belarusia dirancang untuk mencegah eskalasi, tetapi memperingatkan bahwa Minsk dapat bergabung dalam konflik Ukraina jika ia atau pun Moskow diserbu.

“Dari sudut pandang hukum, penggunaan kekuatan militer oleh rezim Kiev atau invasi wilayah Belarusia atau Rusia oleh angkatan bersenjata Ukraina adalah alasan yang cukup untuk tanggapan kolektif,” kata Polishchuk kepada kantor berita TASS, Jumat (13/1/2023).

Dia menambahkan, bagaimanapun, terserah kepada para pemimpin kedua negara apakah mereka akan membuat keputusan itu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukan negaranya harus siap di perbatasannya dengan Belarusia, tetapi sejauh ini dia hanya melihat "pernyataan kuat" yang datang dari tetangganya.

“Kami memahami bahwa selain pernyataan yang kuat, kami tidak melihat sesuatu yang kuat di sana, namun demikian kami harus siap baik di perbatasan maupun di wilayah,” ujarnya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)