Ukraina Sebut Rusia Bombardir Soledar 91 Kali

Jum'at, 13 Januari 2023 - 10:44 WIB
loading...
Ukraina Sebut Rusia Bombardir Soledar 91 Kali
Ukraina sebut Rusia bombardir kota Soledar 91 kali sejak direbut oleh Grup Wagner. Foto/Le Monde
A A A
KIEV - Media Ukraina melaporkan bahwa Rusia terus melancarkan serangan terhadap Soledar. Laporan terbaru dari Ukraina mengatakan Rusia telah membom daerah itu 91 kali sejak Group Wagner mengklaim telah merebut kota itu.

Perang Rusia-Ukraina telah berlangsung selama hampir satu tahun, sejak Februari 2022. Baru-baru ini, Rusia telah memfokuskan kembali upayanya di wilayah Bakhmut dan Soledar di Donetsk timur Ukraina.

Menurut laporan Reuters, Grup Wagner — kelompok militer swasta yang berasal dari Rusia — mengklaim telah merebut Soledar pada hari Rabu, upaya yang diklaim oleh grup itu dengan menewaskan 500 tentara pro-Ukraina. Sejak pengumuman itu, serangan Rusia dilaporkan berlanjut terhadap kota tersebut.

"Grup Wagner telah membom kota Ukraina sebanyak 91 kali dalam satu hari sejak klaim pembebasan," menurut Ukrainska Pravda, sebuah surat kabar online Ukraina, seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (13/1/2023).



Soledar, yang sekarang berada di garis depan pertempuran, telah mengalami dampak yang menghancurkan dari perang yang telah menghancurkan kota tersebut.

Laporan Ukrainska Pravda mengutip juru bicara Kelompok Angkatan Bersenjata Ukraina Timur Serhii Cherevatyi yang mengatakan pertempuran di Soledar berlanjut tetapi pasukan Ukraina terus melawan.

"Pasukan roket dan unit artileri kami memusatkan upaya mereka untuk melumpuhkan musuh sebanyak mungkin. Secara khusus, lebih dari 100 penjajah terbunuh oleh artileri dan roket pada hari itu," kata Cherevatyi seperti dikutip dalam laporan tersebut.

Namun, sebuah pernyataan dari pemimpin Grup Wagner Yevgeny Prigozhin dalam artikel Reuters mengatakan Rusia telah menyelesaikan "pembebasan total" Soledar, membuat pasukan Ukraina menolak untuk menyerah "mengotori" kota.

Menurut Reuters, pernyataan Prigozhin tidak menyertakan informasi apakah Rusia akan terus berperang di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)