Copot Jenderal Armageddon, Ini Penjelasan Rusia

Kamis, 12 Januari 2023 - 03:07 WIB
loading...
Copot Jenderal Armageddon, Ini Penjelasan Rusia
Kepala Staf Umum Rusia, Jenderal Angkatan Darat Valery Gerasimov, ditunjukan sebagai komandan perang di Ukraina menggantikan jenderal armageddon, Sergey Surovikin. Foto/RT
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan Kepala Staf Umum, Jenderal Angkatan Darat Valery Gerasimov, telah ditunjuk untuk memimpin kelompok pasukan gabungan Moskow di Ukraina. Sedangkan mantan komandan operasi militer, Jenderal Angkatan Darat Sergey Surovikin, telah diangkat menjadi wakilnya.

Adanya penunjukkan ini membuat Sergei Surovikin, yang dijuluki Jenderal Armageddon, tidak lagi menjabat sebagai komandan perang di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan penunjukkan itu adalah kebutuhan untuk menaikkan tingkat komando operasi terkait dengan peningkatan skala misi tempur, dan kebutuhan akan koordinasi yang lebih erat antara berbagai dinas dan cabang angkatan bersenjata.

"Langkah itu juga akan meningkatkan dukungan logistik dan efektivitas komando untuk pasukan Rusia di Ukraina," Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (12/1/2023).

Itu terjadi hanya sekitar tiga bulan setelah kementerian pertahanan menunjuk Surovikin, komandan Angkatan Udara Rusia, untuk memimpin upaya tersebut.



Gerasimov dikenal sebagai salah satu komandan militer tertinggi Rusia dan ahli strategi terkenal, yang telah mendapatkan rasa hormat dari komandan tertinggi Kiev, Valery Zaluzhny. Kembali pada bulan September, Zaluzhny mengatakan kepada Time bahwa dia telah belajar dari Gerasimov.

“Saya membaca semua yang pernah dia tulis… Dia adalah pria terpintar, dan ekspektasi saya terhadapnya sangat besar,” aku jenderal Ukraina saat itu.

Gerasimov telah beberapa kali mengunjungi pasukan yang berperang di Ukraina untuk meningkatkan koordinasi antar pasukan, tetapi tidak mengambil alih komando operasional langsung sampai sekarang. Pada bulan Desember, Kiev mengaku mencoba membunuh Gerasimov dalam salah satu kunjungan mendadaknya pada April 2022, meskipun Amerika Serikat (AS) keberatan.

Sebelumnya, New York Times melaporkan bahwa pasukan Ukraina telah menembaki posisi di mana Gerasimov diperkirakan berada, tetapi sang jenderal tidak terpengaruh oleh serangan tersebut. Moskow tidak pernah secara resmi mengkonfirmasi bahwa sang jenderal bahkan mengunjungi pasukan pada saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)