Rusia: Rudal Patriot Bukti Keterlibatan AS dalam Perang Ukraina

Rabu, 11 Januari 2023 - 23:54 WIB
loading...
Rusia: Rudal Patriot Bukti Keterlibatan AS dalam Perang Ukraina
Sistem rudal Patriot. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Melatih prajurit Ukraina untuk menggunakan sistem pertahanan rudal Patriot adalah konfirmasi lain atas keterlibatan Amerika Serikat (AS) dalam perang di Ukraina. Hal itu diungkapkan oleh duta besar Rusia untuk AS, Anatoly Antonov.

Antonov merespons pengumuman Pentagon bahwa 100 tentar Ukraina akan memulai pelatihan pada sistem pertahanan itu paling cepat minggu depan di pangkalan Angkatan Darat AS di Fort Sill, Oklahoma.

Sistem rudal Patriot adalah salah satu sistem pertahanan tercanggih di gudang senjata AS dan pasokannya ke Ukraina adalah elemen kunci dari paket dukungan bantuan keamanan senilai USD1,85 miliar yang diumumkan oleh Departemen Pertahanan pada bulan Desember lalu.

Antonov mengatakan kepada kantor berita negara Rusia Tass bahwa pelatihan di tanah Amerika adalah konfirmasi lain dari keterlibatan de facto Washington dalam konflik Ukraina di pihak penjahat Nazi dari Kiev.

Dia juga mengatakan laporan media AS tentang pelatihan pasukan Ukraina di Fort Sill telah mencatat bahwa keterlibatan Amerika dalam konfrontasi meningkat dan bahwa pemerintahan Presiden Joe Biden mentransfer senjata baru ke Kiev untuk meningkatkan kemampuan ofensifnya.



"Tujuan sebenarnya dari administrasi adalah untuk menimbulkan kerusakan sebanyak mungkin di medan perang kepada Rusia," ujarnya.

"Menggunakan Ukraina sebagai proksi," tambahnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (11/1/2023).

AS adalah pemasok bantuan militer dan keuangan terbesar ke Ukraina, tetapi telah berusaha untuk berjalan di atas tali agar tidak terlihat meningkatkan konflik.

Sistem rudal Patriot menggunakan radar yang kuat dan akan mampu menargetkan rudal balistik, pesawat terbang serta drone, yang digunakan pasukan Rusia untuk menyerang infrastruktur Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)