Kegagalan Sistem Bikin Ribuan Penerbangan di Seluruh AS Ditunda

Kamis, 12 Januari 2023 - 01:21 WIB
loading...
A A A
Sesaat sebelum jam 9 pagi, agensi tersebut men-tweet bahwa ground stop telah dicabut.

“Operasi lalu lintas udara normal dilanjutkan secara bertahap di seluruh AS setelah pemadaman semalam ke sistem Notice to Air Missions yang memberikan info keselamatan kepada awak pesawat. Ground stop telah dicabut,” kata FAA.

Menurut FAA, sistem NOTAM menyampaikan informasi yang penting bagi personel yang terkait dengan operasi penerbangan.

Informasi itu mencakup komunikasi penting seperti penutupan landasan pacu, peringatan umum bahaya burung, atau hambatan konstruksi ketinggian rendah.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam tweetnya mengatakan bahwa Presiden Joe Biden telah diberi pengarahan oleh Menteri Perhubungan tentang pemadaman tersebut.

“Tidak ada bukti serangan siber saat ini, tetapi Presiden mengarahkan DOT untuk melakukan penyelidikan penuh atas penyebabnya,” tegasnya.

Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg tweeted: “Saya telah menghubungi FAA pagi ini tentang pemadaman yang memengaruhi sistem kunci untuk memberikan informasi keselamatan kepada pilot. FAA bekerja untuk menyelesaikan masalah ini dengan cepat dan aman sehingga lalu lintas udara dapat kembali beroperasi normal, dan akan terus memberikan pembaruan.”



Sementara itu, banyak pelancong mengeluh di Twitter tentang kekacauan itu, termasuk beberapa penumpang di Bandara LaGuardia New York.

“Terjebak di La Guardia mencoba mencapai Cartagena, (Kolombia). Hanya 3 jam tidur untuk penerbangan 6a ini,” salah satu calon penumpang menggerutu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)