Kegagalan Sistem Bikin Ribuan Penerbangan di Seluruh AS Ditunda

Kamis, 12 Januari 2023 - 01:21 WIB
loading...
Kegagalan Sistem Bikin Ribuan Penerbangan di Seluruh AS Ditunda
Kegagalan sistem bikin ribuan penerbangan di seluruh AS ditunda. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Ribuan penerbangan di seluruh Amerika Serikat (AS) dihentikan pada Rabu pagi waktu setempat karena kegagalan sistem Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Ini membuat sejumlah rencana perjalanan gagal dan menyebabkan kekacauan.

FAA melaporkan gangguan pada Notice to Air Missions, atau NOTAM — sistem penting yang menyampaikan informasi penting ke pilot dan bandara.

“FAA sedang bekerja untuk memulihkan Sistem Pemberitahuan ke Misi Udara,” kata agensi itu kepada The New York Post melalui email.

"Operasi di seluruh Sistem Ruang Udara Nasional terpengaruh," sambung pemberitahuan itu seperti dikutip dari media yang berbasis di AS itu, Kamis (12/1/2023).

Menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware, lebih dari 4.500 penerbangan ditunda baik itu domestik, masuk, atau keluar AS pukul 09:30 pagi waktu setempat. Namun, tidak jelas berapa banyak penundaan yang disebabkan oleh kegagalan sistem.

Sementara itu lebih dari 800 penerbangan dibatalkan.

Dalam pembaruan sekitar pukul 08:15 pagi, FAA mengatakan sedang "membuat kemajuan" dalam memulihkan sistem dan beberapa bandara dengan kepadatan tinggi diizinkan untuk melanjutkan penerbangan.

"Keberangkatan dilanjutkan di bandara Newark Liberty dan Atlanta Hartsfield-Jackson karena kemacetan lalu lintas udara di area tersebut," kata agensi tersebut.



“Kami memperkirakan keberangkatan akan dilanjutkan di bandara lain pada pukul 09.00 Waktu Bagian Timur,” FAA menambahkan setelah mengumumkan telah memerintahkan semua keberangkatan domestik dihentikan sementara untuk memungkinkan agensi tersebut memvalidasi integritas informasi penerbangan dan keselamatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)