Rusia Copot Jenderal Armageddon dari Komandan Perang Ukraina

Kamis, 12 Januari 2023 - 01:00 WIB
loading...
Rusia Copot Jenderal Armageddon dari Komandan Perang Ukraina
Rusia mencopot Sergei Surovikin, yang dijuluki Jenderal Armageddon, sebagai komandan perang di Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pengumuman mengejutkan datang dari Rusia . Sergei Surovikin, yang dijuluki Jenderal Armageddon , telah dicopot dari perannya sebagai komandan perang di Ukraina .

Surovikin dicopot setelah menduduki jabatan itu hanya tiga bulan. Selanjutnya ia akan digantikan oleh kepala staf umum Valery Gerasimov, yang mengepalai militer Rusia.

Perubahan itu diumumkan oleh menteri pertahanan Rusia Sergei Shoigu, dan digambarkan sebagai peningkatan tingkat kepemimpinan operasi khusus - sebutan Moskow untuk invasi ke Ukraina seperti dikutip dari Sky News, Rabu (12/1/2023).

Surovikin ditugaskan untuk bertanggung jawab atas operasi di Ukraina pada Oktober tahun lalu. Meski tidak lagi menduduki jabatan itu, dia akan tetap sebagai wakil dari Gerasimov.



Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan perubahan itu dirancang untuk meningkatkan efektivitas operasi militer di Ukraina dan kebutuhan untuk mengatur interaksi yang lebih dekat antara jenis dan senjata pasukan.

Terkenal karena kekejaman dan kebrutalannya, Surovikin adalah seorang veteran militer yang bertugas dalam perang Uni Soviet dengan Afghanistan pada 1980-an.

Pria berusia 56 tahun itu terkenal karena memerintahkan pasukan untuk menembaki pengunjuk rasa pro-demokrasi di Moskow, ketika tiga orang terbunuh pada hari-hari terakhir Uni Soviet pada tahun 1991.

Pada 2017 ia memimpin intervensi pasukan Rusia selama Perang Suriah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)