Paket Bahan Senjata Nuklir dari Pakistan Diduga untuk Iran Disita Inggris

Rabu, 11 Januari 2023 - 15:24 WIB
loading...
Paket Bahan Senjata Nuklir dari Pakistan Diduga untuk Iran Disita Inggris
Paket bahan senjata nuklir dari Pakistan yang diduga untuk Iran disita Inggris di bandara Heathrow. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Paket bahan senjata nuklir berupa beberapa kilogram Uranium dari Pakistan dikirim untuk sebuah perusahaan yang terkait dengan Iran di Inggris. Paket itu terdeteksi saat tiba di bandara Heathrow dan akhirnya disita.

Bahan senjata nuklir yang mematikan, yang berpotensi digunakan untuk membuat "bom kotor", tiba dengan penerbangan dari Oman, di Timur Tengah, pada 29 Desember.

Sumber Inggris mengatakan kuantitas uranium itu bukan level senjata—sehingga tidak dapat digunakan untuk membuat senjata termo-nuklir.

Tetapi dinas keamanan dipahami sedang menyelidiki apakah paket yang tidak diumumkan itu mungkin ditujukan untuk perangkat nuklir rakitan, yang dikenal sebagai "bom kotor".

Perangkat semacam itu—yang telah lama menjadi skenario mimpi buruk bagi para ahli kontra-teror—menggabungkan bahan peledak konvensional dengan bahan nuklir untuk menyebarkan semburan radioaktif yang mematikan.



Seorang sumber mengatakan kepada The Sun bahwa paket tersebut berasal dari Pakistan sebelum tiba di Terminal Empat Heathrow dengan pesawat jet penumpang Oman Air dari Muscat.

Polisi setempat belum melakukan penangkapan.

"Paket itu berisi beberapa kilo uranium—tapi itu bukan senjata," kata seorang sumber kepada Mail Online, Rabu (11/1/2023).

Secara terpisah, seorang sumber mengatakan kepada The Sun: "Ada kekhawatiran yang luar biasa atas apa yang diinginkan orang Iran yang tinggal di sini dengan bahan nuklir yang tidak diungkapkan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)