Raja Terakhir Yunani Constantine II Meninggal Dunia

Rabu, 11 Januari 2023 - 06:05 WIB
loading...
A A A
Sampai hari-hari terakhirnya, Constantine, sambil menerima bahwa Yunani sekarang adalah sebuah republik, terus menyebut dirinya Raja Yunani dan anak-anaknya sebagai pangeran dan putri meskipun Yunani tidak lagi mengakui gelar bangsawan.



Selama sebagian besar tahun di pengasingan, dia tinggal di Hampstead Garden Suburb, London, dan dikatakan sangat dekat dengan sepupu keduanya Charles, yang sekarang menjadi Raja Charles III.

Constantine butuh 14 tahun untuk kembali ke negaranya, sebentar, untuk menguburkan ibunya, Ratu Frederica pada tahun 1981, tetapi dia akhirnya pindah kembali secara permanen. Ada perselisihan lanjutan: pada tahun 1994, pemerintah sosialis saat itu mencabut kewarganegaraannya dan mengambil alih apa yang tersisa dari properti keluarga kerajaan.

Constantine kemudian menggugat di pengadilan hak asasi manusia Eropa dan diberikan 11 juta poundsterling atau sekitar Rp207 miliar pada tahun 2002.

Constantine bepergian dengan paspor Denmark, sebagai seorang pangeran Denmark.

Dia meninggalkan istrinya, mantan Putri Anne-Marie dari Denmark, adik bungsu Ratu Margrethe II; lima anak yaitu Alexia, Pavlos, Nikolaos, Theodora dan Philippos; dan sembilan cucu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)