Raja Terakhir Yunani Constantine II Meninggal Dunia

Rabu, 11 Januari 2023 - 06:05 WIB
loading...
Raja Terakhir Yunani Constantine II Meninggal Dunia
Raja terakhir Yunani, Constantine II, meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Foto/FMT
A A A
ATHENA - Mantan Raja Yunani Constantine II meninggal dunia di sebuah rumah sakit swasta di Athena pada Selasa malam dalam usia 82 tahun. Kematian raja terakhir Yunani itu, yang sembilan tahun pemerintahannya bertepatan dengan salah satu periode paling bergejolak dalam sejarah politik negara itu, diumumkan oleh dokternya.

Constantine, sepupu raja Inggris Raja Charles III, meninggal karena stroke. Media Yunani melaporkan dia dirawat di rumah sakit Athena pekan lalu karena masalah pernapasan seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (11/1/2023).

Ketika dia naik tahta sebagai Constantine II pada usia 23 tahun pada 1964, raja muda yang telah meraih kejayaan sebagai peraih medali emas Olimpiade dalam pelayaran menjadi sangat populer. Pada tahun berikutnya dia telah menyia-nyiakan banyak dukungan itu dengan keterlibatan dalam intrik yang menjatuhkan pemerintahan Persatuan Pusat yang dipilih secara populer oleh perdana menteri George Papandreou.

Episode itu, yang masih dikenal luas di Yunani sebagai "kemurtadan" atau pembelotan beberapa anggota parlemen dari partai yang berkuasa, menggoyahkan tatanan konstitusional dan menyebabkan kudeta militer pada 1967. Constantine akhirnya bentrok dengan penguasa militer dan dipaksa ke pengasingan.

Kediktatoran menghapuskan monarki pada tahun 1973 dan ketika demokrasi dipulihkan setahun setelahnya, hampir 70% warga Yunani memilih penghapusan monarki dalam sebuah referendum, mengakhiri dinasti yang dimulai oleh kakek buyut Constantine kelahiran Denmark, George I pada tahun 1863.



Pada tahun 2008, sebuah jajak pendapat menemukan kurang dari 12% orang Yunani mendukung kembali ke monarki konstitusional. Lebih dari 43% menyalahkannya atas kemunculan junta.

Constantine II lahir pada 2 Juni 1940 di Athena dari putri Federica dari Hanover dan Pangeran Paul, adik laki-laki Raja George II dan pewaris takhta. Kakak perempuannya, Sophia, adalah istri mantan Raja Juan Carlos I dari Spanyol. Dia juga keponakan Pangeran Philip kelahiran Yunani, mendiang Duke of Edinburgh dan suami mendiang Ratu Elizabeth II Inggris.

Keluarga tersebut, yang telah memerintah di Yunani dari tahun 1863 terlepas dari jeda republik selama 12 tahun antara tahun 1922 dan 1935, adalah keturunan Pangeran Christian, kemudian Christian IX dari Denmark, dari Wangsa Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glucksburg cabang keluarga penguasa Denmark.

Ketika kediktatoran runtuh pada Juli 1974, Constantine sangat ingin kembali ke Yunani tetapi disarankan untuk tidak melakukannya oleh politisi veteran Constantine Karamanlis, yang kembali dari pengasingan untuk memimpin pemerintahan sipil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)