Macron Dukung Ukraina, Putin Didorong Serang Prancis

Selasa, 10 Januari 2023 - 23:01 WIB
loading...
A A A
"Menurut saya itu tidak benar," lanjut Macron.

"Pada dasarnya, dia meluncurkan perang ini untuk memulihkan wilayah dan memperluas batas Rusia ke kekaisaran yang pernah ada," tudingnya.

Macron melakukan perjalanan untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada akhir November lalu, yang merupakan kunjungan kenegaraan pertama yang dilakukan oleh pemerintahan Biden.



Dilaporkan situasi antara Rusia dan Ukraina adalah bagian dari percakapan mereka, yang berbeda saat itu Macron mendorong lebih banyak negosiasi sementara Biden mengatakan Kiev akan membuat keputusan itu.

Dalam minggu-minggu sejak itu, negosiasi semacam itu tampaknya berantakan di antara kedua negara. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menawarkan titik awal untuk pembicaraan damai tersebut, dengan berbagai prasyarat yang diminta oleh Kremlin sebagai gantinya.

Pada bulan Desember, Macron berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Presiden Ukraina menggambarkan pembicaraan itu sebagai percakapan produktif yang berpusat pada "formula perdamaian" 10 langkahnya.

Keduanya juga membahas kerja sama pertahanan dan stabilitas energi, menurut Zelensky, berbagi "posisi yang disinkronkan."

Macron sebelumnya telah ditolak oleh sekutu NATO di negara-negara Baltik dan pejabat Ukraina karena dorongannya yang berulang kali untuk membawa Rusia ke meja perundingan.

"Kita perlu mempersiapkan apa yang siap kita lakukan, bagaimana kita melindungi sekutu dan negara anggota kita, dan bagaimana memberikan jaminan kepada Rusia pada hari ia kembali ke meja perundingan," kata Macron saat mengunjungi AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)