Beijing Kecam Pembatasan Covid-19 pada Pelancong China

Rabu, 04 Januari 2023 - 11:30 WIB
loading...
Beijing Kecam Pembatasan Covid-19 pada Pelancong China
China kecam pembatasan Covid-19 pada pelancong asal China. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - China menyebut meningkatnya pembatasan internasional pada pelancong dari wilayahnya "tidak dapat diterima". Kecaman ini muncul setelah lebih dari selusin negara memberlakukan pembatasan baru Covid-19 pada pengunjung dari negara terpadat di dunia.

Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, dan Prancis termasuk di antara negara-negara yang bersikeras bahwa semua pelancong dari China harus memberikan tes Covid negatif sebelum kedatangan, karena kekhawatiran akan lonjakan kasus.



Peningkatan infeksi yang tajam di China terjadi setelah bulan lalu Beijing tiba-tiba mencabut pembatasan garis keras selama bertahun-tahun. Langkah ini membuat rumah sakit dan krematorium dengan cepat kewalahan.

Pekan lalu, Beijing mengumumkan diakhirinya karantina wajib pada saat kedatangan dalam sebuah langkah yang mendorong orang-orang China untuk merencanakan perjalanan ke luar negeri.

“Beberapa negara telah mengambil pembatasan masuk yang menargetkan China,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning dalam pengarahan rutin, seperti dikutip dari AFP.



“Ini tidak memiliki dasar ilmiah dan beberapa praktik tidak dapat diterima,” tambahnya. Ia memperingatkan China dapat “mengambil tindakan balasan berdasarkan prinsip timbal balik.

AS mengaku bahwa mereka telah mengambil tindakan sebagai tanggapan atas data “kurang memadai dan transparan” dari China dan kekhawatiran bahwa beban kasus yang berat dapat melahirkan varian baru.

"Ini adalah pendekatan yang semata-mata didasarkan pada sains," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price kepada wartawan di Washington.



Ditanya tentang reaksi China, Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne membela aturan baru tersebut. "Saya pikir kami melakukan tugas kami untuk meminta tes," kata Borne kepada radio franceinfo. “Kami akan terus melakukannya,” lanjutnya.

Aturan yang diberlakukan memengaruhi semua pelancong yang datang dari China — bukan hanya warga negara China — sementara Beijing terus membatasi pengunjung yang masuk dan tidak mengeluarkan visa untuk turis atau pelajar internasional.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)