Negara Paling Damai di Tahun 2022 Menurut Global Peace Index

Selasa, 03 Januari 2023 - 11:27 WIB
loading...
Negara Paling Damai di Tahun 2022 Menurut Global Peace Index
Seorang wanita bersepeda menyusuri jalan yang dicat warna pelangi di dekat gereja Hallgrimskirkja, Reykjavik, Islandia, 3 September 2020. Foto/REUTERS/John Sibley
A A A
WELLINGTON - Sepanjang tahun 2022 lalu, Institute for Economics and Peace melalui laporan Global Peace Index (GPI) atau Indeks Perdamaian Global merilis daftar negara yang paling damai di dunia.

GPI merupakan data yang memperhitungkan tingkat kedamaian setiap negara di dunia yang terdiri dari 23 indikator.

Indikator-indikator tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu konflik yang berkelanjutan, keselamatan dan keamanan, dan militerisasi di setiap negara.

Berdasarkan data GPI, rata-rata tingkat negara paling damai di tahun 2022 mengalami penurunan hingga 0,3%.

Negara yang tingkat kedamaiannya paling turun adalah Rusia dan Ukrania. Hal ini disebabkan karena adanya konflik yang terjadi di dua negara tersebut.

Adapun daftar negara yang paling damai di tahun 2022 menurut Global Peace Index adalah berikut ini.

1. Islandia

Islandia sekali lagi terpilih menjadi negara paling damai di tahun 2022. Prestasi ini telah dipertahankan sejak tahun 2008.

Skor GPI yang diperoleh Islandia sebagai negara paling aman di dunia sebesar 1.107.

Selain itu, Islandia juga berhasil menurunkan tingkat demonstrasi kekerasan yang terjadi di negaranya hingga mencapai 55% di tahun 2021. Tak hanya itu, tingkat kriminalitas negara ini pun rendah.

2. Selandia Baru

Di urutan kedua sebagai negara paling damai di tahun 2022 dipegang oleh Selandia Baru dengan skor sebesar 1.269.

Sama seperti Islandia, Selandia Baru juga masih mampu mempertahankan posisinya sebagai negara paling damai.

Sepanjang satu tahun terakhir, tingkat penahanan, pengeluaran militer, dan dampak terorisme di Selandia baru terus mengalami penurunan.

3. Irlandia

Di posisi ketiga dengan skor sebesar 1.288 sebagai negara paling damai ditempati oleh Irlandia. Negara yang terletak di bagian barat laut Eropa ini selalu menjadi tujuan kunjungan para wisatawan karena keamanannya, juga karena keindahannya.

Irlandia juga banyak dijadikan lokasi syuting berbagai film Hollywood, seperti film Braveheart, Saving Private Ryan, P.S I Love You, dan masih banyak lagi.

4. Denmark

Denmark dengan skornya sebesar 1.296 berhasil menempati posisi empat dalam daftar negara paling damai selama tahun 2022.

Negara yang terletak bersebelahan dengan Swedia dan Norwegia ini terus menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan.

5. Austria

Di posisi kelima dipegang oleh Austria dengan perolehan skor sebesar 1.300. Austria sendiri terdiri dari sembilan negara bagian yang total wilayahnya seluas 83.879 km dan memiliki total populasi mencapai 9 juta jiwa.

Selain lima negara di atas, urutan selanjutnya ditempati oleh Portugal, Slovenia, Republik Ceko, Singapura, dan Jepang, yang termasuk dalam 10 negara paling damai di tahun 2022 menurut data GPI.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)