NASA: China Bisa Mengklaim Wilayah Kaya Sumber Daya di Bulan

Selasa, 03 Januari 2023 - 07:06 WIB
loading...
NASA: China Bisa Mengklaim Wilayah Kaya Sumber Daya di Bulan
Rover bulan China, Yutu-2 atau Kelinci Giok 2 bergerak ke sisi jauh bulan dari penyelidik bulan Chang’e 4 pada 4 Januari 2019. Foto/CNS/REUTERS
A A A
WASHINGTON - China mungkin mencoba menguasai lokasi yang paling kaya sumber daya di Bulan jika memenangkan persaingan melawan Amerika Serikat (AS) untuk satu-satunya satelit Bumi.

Peringatan itu diungkapkan Kepala NASA Bill Nelson. "Itu fakta: kita sedang dalam perlombaan luar angkasa," ujar Nelson dalam wawancara dengan Politico pada Minggu (1/1/2023).

“Dan memang benar bahwa kita lebih baik berhati-hati agar mereka (China) tidak sampai ke suatu tempat di bulan dengan kedok penelitian ilmiah. Dan ini tidak melebihi kemungkinan mereka berkata, 'Menjauh, kami di sini, ini wilayah kita,'" ujar dia memperingatkan.

“Masalahnya adalah hanya ada begitu banyak tempat di kutub selatan bulan yang cukup untuk apa yang kita pikirkan, pada saat ini, untuk memanen air dan sebagainya," tambah kepala badan antariksa AS itu.



Sebagai pembenaran atas klaimnya, dia mengutip perilaku Beijing di Bumi. "Jika Anda meragukan itu, lihat apa yang mereka lakukan dengan Kepulauan Spratly, kepulauan Laut China Selatan yang diperebutkan oleh negara lain tetapi di mana militer China telah mendirikan pangkalan,” ujar Nelson.

Pada 2019, China menjadi negara pertama yang melakukan pendaratan lunak di sisi jauh Bulan sebagai bagian dari misi robotik Chang'e 4. Beijing kemudian dapat mengirimkan sampel bulan kembali ke Bumi.

Beijing mengatakan akan menempatkan manusia di bulan sebelum tahun 2030 dan, kemudian, akan mendirikan stasiun penelitian ilmiah di sana.

Dalam beberapa tahun terakhir, China National Space Administration (CNSA) juga telah berhasil mengirim pengorbit dan penjelajah ke Mars, serta meluncurkan stasiun luar angkasa nasionalnya ke orbit Bumi.

"China dalam dekade terakhir telah meraih kesuksesan dan kemajuan luar biasa dalam program luar angkasanya,” ungkap Nelson.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)