63 Tentara Rusia Tewas Terkena Serangan Rudal Ukraina di Donbass

Selasa, 03 Januari 2023 - 06:32 WIB
loading...
63 Tentara Rusia Tewas Terkena Serangan Rudal Ukraina di Donbass
Pekerja darurat Rusia memindahkan puing-puing sekolah kejuruan 19 yang hancur akibat penembakan rudal Ukraina di Makeyevka, Republik Rakyat Donetsk, Rusia. Foto/Sputnik
A A A
DONBASS - Sebanyak 63 tentara Rusia tewas oleh serangan rudal Ukraina yang menghantam area perumahan sementara yang digunakan pasukan Rusia di Donbass.

“Fasilitas di kota Makeyevka, Republik Rakyat Donetsk Rusia, menjadi sasaran enam rudal dari beberapa peluncur roket HIMARS yang dipasok Amerika Serikat (AS),” ungkap Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia pada Senin (2/1/2023).

“Dua proyektil dicegat oleh pertahanan udara, tetapi empat berhasil lolos,” tambah pernyataan itu.

"Akibat serangan oleh empat rudal dengan hulu ledak berdaya ledak tinggi di titik penempatan sementara, 63 prajurit Rusia tewas," ungkap juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Letnan Jenderal Igor Konashenkov.



Semua bantuan dan dukungan yang diperlukan akan diberikan kepada keluarga pasukan yang gugur, menurut Kemhan rusia.

Serangan itu sebelumnya dilaporkan Menteri Penerangan Republik Rakyat Donetsk Daniil Bezsonov, yang mengatakan rudal itu menargetkan gedung sekolah kejuruan tempat pasukan ditempatkan.

“Itu terjadi tepat pada pukul 00:01 malam tahun baru, saat prajurit sedang merayakan,” papar dia.

Kementerian Luar Negeri Rusia sebelumnya mengutuk Washington karena tidak hanya memasok senjata canggih ke Kiev, tetapi juga memberikan informasi intelijen kepada militer Ukraina tentang lokasi pasukan Rusia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)