Usai Tembakkan Rudal, Kim Jong-un Bersumpah Tingkatkan Produksi Hulu Ledak Nuklir

Minggu, 01 Januari 2023 - 11:17 WIB
loading...
A A A
Komando Indo-Pasifik AS dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa peluncuran pada Sabtu itu menyoroti “dampak destabilisasi” dari program senjata ilegal Korut. Dikatakan komitmen AS untuk membela Korea Selatan dan Jepang "tetap kuat".

Korut melakukan uji tembak lebih dari 70 rudal tahun lalu. Beberapa ahli mengatakan negara itu pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan persenjataan senjatanya dan meningkatkan tekanan pada para pesaingnya untuk memenangkan konsesi seperti keringanan sanksi.



Media pemerintah Korut mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa negara tersebut melakukan uji coba peluncuran beberapa peluncur roket super besar untuk menguji kemampuan senjata tersebut. KCNA mengatakan tiga peluru yang ditembakkan dari peluncur pada hari Sabtu secara akurat mengenai target pulau di lepas pantai timurnya. Dikatakan Korut menembakkan peluru lain dari peluncur ke arah perairan timurnya pada hari Minggu.

Pakar luar mengkategorikan senjata yang ditembakkan dari peluncur sebagai rudal balistik karena lintasan, jangkauan, dan karakteristik lainnya.

Peluncuran rudal Korut untuk hari kedua berturut-turut bisa menjadi tanggapan atas uji coba roket Korsel baru-baru ini , yang terkait dengan rencananya untuk membangun pengawasan berbasis ruang angkasa untuk memantau Korea Utara dengan lebih baik.

Pada hari Jumat, militer Korsel mengatakan telah meluncurkan roket berbahan bakar padat, sejenis kendaraan peluncuran ruang angkasa yang rencananya akan digunakan untuk menempatkan satelit mata-mata pertamanya ke orbit di tahun-tahun mendatang.

Permusuhan antara Korea yang bersaing semakin dalam sejak awal pekan lalu, ketika Korsel menuduh Korut menerbangkan drone melintasi perbatasan negara yang dijaga ketat untuk pertama kalinya dalam lima tahun dan mengirim drone mereka sendiri ke Korut.

Korsel mengakui gagal menembak jatuh salah satu dari lima drone Korut yang katanya ditemukan di selatan perbatasan. Tetapi Korsel telah berjanji untuk meningkatkan jaringan pertahanan udaranya dan bersikap keras terhadap provokasi Korut di masa depan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)