Pertama dalam Sejarah Modern, Paus Francis Akan Pimpin Pemakaman Benediktus XVI

Minggu, 01 Januari 2023 - 08:43 WIB
loading...
A A A
Fransiskus telah mengingatkan dunia akan kondisi kesehatan Benediktus pada hari Rabu, ketika dia meminta umat Katolik dunia untuk mendoakannya.

Dia kemudian mengunjunginya di biara Mater Ecclesiae di dalam taman Vatikan yang menjadi rumah Benediktus saat dia pensiun.

Kesehatan mantan paus yang tiba-tiba memburuk awal pekan ini telah memicu pertanyaan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Kematian seorang paus Katolik Roma biasanya menggerakkan tradisi yang dihormati waktu, tetapi apakah seseorang yang telah melepaskan kepausan akan mendapatkan perlakuan kepausan?

Tidak seperti ketika paus sebelumnya telah meninggal, tidak perlu mengadakan konklaf untuk memilih paus baru, karena Paus Francis - yang dipilih untuk menggantikan Benediktus pada tahun 2013 - tetap memegang jabatan tersebut.

Di bawah aturan yang ditetapkan pada tahun 1996, seorang paus harus dimakamkan antara empat dan enam hari setelah kematiannya.

Bagaimana dan kapan dia dimakamkan biasanya diputuskan oleh para kardinal yang berkumpul dari seluruh dunia, dan yang juga mengatur sembilan hari berkabung Vatikan, yang dikenal sebagai novemdiales.

Mereka memutuskan karena kematian seorang paus secara tradisional menciptakan kekosongan kekuasaan di puncak gereja.

Namun, tidak ada kekosongan dalam kasus ini, karena Paus Francis yang bertanggung jawab.

Jenazah paus asal Jerman, yang terlahir dengan nama Joseph Ratzinger, akan berada di biara hingga Senin pagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)