Putin Sambut Baik Kembali Berkuasanya Netanyahu di Israel

Jum'at, 30 Desember 2022 - 23:15 WIB
loading...
Putin Sambut Baik Kembali Berkuasanya Netanyahu di Israel
Putin Sambut Baik Kembali Berkuasanya Netanyahu di Israel. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut baik kembalinya Benjamin Netanyahu sebagai kepala pemerintah Israel. Putin mengisyaratkan niat untuk memperkuat kerja sama, jelas Kremlin.

“Saya berharap pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Anda akan melanjutkan penguatan kerja sama Rusia-Israel di semua bidang untuk kepentingan rakyat kami, demi memastikan perdamaian dan keamanan di Timur Tengah,” kata Putin dalam sebuah pesan kepada Netanyahu, dikutip dalam sebuah pernyataan, Kamis (29/12/2022).



“Di Rusia, kami sangat menghargai kontribusi pribadi dan jangka panjang Anda untuk memperkuat hubungan persahabatan antara negara kami,” kata Putin, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Netanyahu mengambil sumpah jabatan pada hari Kamis, beberapa saat setelah parlemen Israel mengeluarkan mosi percaya pada pemerintahan barunya. Setelah awal invasi Rusia ke Ukraina pada Februari, Israel mengambil sikap hati-hati terhadap Moskow, berusaha untuk menjaga netralitas.

Israel secara khusus menekankan hubungan khusus antara kedua negara karena Israel sekarang menjadi rumah bagi lebih dari satu juta warga dari bekas Uni Soviet.



Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan "siap untuk kerja sama yang konstruktif" dengan Israel untuk "menjernihkan iklim di Timur Tengah dan kancah internasional secara umum".

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga mendoakan Netanyahu "berhasil menuju kesejahteraan dan keamanan Israel" di Twitter. Dia berbicara tentang "kesiapan Ukraina untuk kerja sama yang erat untuk memperkuat ikatan dan menghadapi tantangan bersama, mencapai kemakmuran dan kemenangan atas kejahatan".

Meski demikian, hingga kini Israel belum memberikan senjata ke Ukraina, meskipun Zelensky berulang kali meminta bantuan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)