Korban Tewas Banjir Dahsyat di Filipina Menyentuh Angka 25 Jiwa

Rabu, 28 Desember 2022 - 21:58 WIB
loading...
Korban Tewas Banjir Dahsyat di Filipina Menyentuh Angka 25 Jiwa
Korban Tewas Banjir Dahsyat di Filipina Menyentuh Angka 25 Jiwa. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Korban tewas akibat banjir di Filipina telah meningkat menjadi 25, kata para pejabat Rabu (2812/2022). Diperkirakan badai akan menurunkan lebih banyak hujan di wilayah selatan dan tengah negara itu yang paling parah dilanda banjir.

Seperti dilaporkan AFP, puluhan ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka saat hujan deras mengguyur desa-desa, kota-kota dan jalan raya pada Hari Natal. Banjir meredam perayaan pada hari libur paling penting di negara yang mayoritas beragama Katolik itu.



“Sedikitnya 13 orang tewas, sebagian besar karena tenggelam, di provinsi Misamis Occidental di pulau selatan Mindanao,” kata Badan Bencana Nasional Filipina dalam memperbarui jumlah korban. “Dua puluh enam orang masih hilang. Sembilan telah terluka,” lanjut laporan itu.

Peramal cuaca negara bagian mengatakan, hujan sedang hingga lebat kemungkinan terjadi di wilayah selatan dan tengah pada Rabu dan Kamis karena daerah bertekanan rendah di lepas pantai yang dapat berkembang menjadi depresi tropis.

"Banjir dan tanah longsor yang disebabkan hujan kemungkinan besar terjadi, terutama di daerah yang sangat atau sangat rentan terhadap bahaya ini," kata Biro Cuaca Filipina.



Badan bencana mengatakan, upaya bantuan sedang dilakukan untuk membantu orang-orang di daerah yang dilanda banjir, karena lebih dari 81.000 orang berlindung di pusat-pusat evakuasi.

Pejabat pada hari Rabu akan melakukan pengawasan udara atas Misamis Occidental untuk menilai tingkat kerusakan. Cuaca berubah buruk selama akhir pekan saat negara rawan bencana berpenduduk 110 juta orang bersiap untuk liburan Natal yang panjang.

Filipina berada di antara negara-negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim, dan para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai menjadi lebih kuat saat dunia menjadi lebih hangat.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)