India Siap Kerahkan 120 Rudal Balistik Dekat China dan Pakistan

Senin, 26 Desember 2022 - 20:03 WIB
loading...
India Siap Kerahkan 120 Rudal Balistik Dekat China dan Pakistan
Rudal Pralay buatan India diluncurkan dalam uji coba. Foto/Kemhan India
A A A
NEW DELHI - India bermaksud mengerahkan lebih dari seratus rudal balistik di sepanjang perbatasannya dengan China dan Pakistan.

Rencana itu diungkap kantor berita lokal ANI. Laporan tersebut mengikuti klaim New Delhi tentang bentrokan antara pasukan India dan China di daerah yang diperebutkan di Himalaya awal bulan ini.

“Pertemuan tingkat tinggi Kementerian Pertahanan menyelesaikan akuisisi sekitar 120 rudal untuk Angkatan Bersenjata dan penyebarannya di sepanjang perbatasan,” ujar seorang sumber pertahanan senior India kepada ANI.

Menurut ANI, senjata yang dimaksud adalah rudal Pralay yang dikembangkan di dalam negeri. Perangkat kuasi-balistik jarak pendek taktis berhasil diuji militer India setahun yang lalu.



Rudal itu dikatakan memiliki kemampuan mencapai target pada jarak antara 150 dan 500 km, dan sulit dicegat pertahanan udara karena perubahan arah selama penerbangan.

Badan itu menggambarkan perkembangan yang dilaporkan sebagai "keputusan besar" untuk negara itu, yang sekarang memiliki kebijakan mengizinkan penggunaan rudal balistik dalam peran taktis.

Tetangga India dan saingan geopolitik China dan Pakistan, yang juga merupakan kekuatan nuklir, keduanya memiliki rudal balistik di gudang senjata mereka.

India juga berbatasan dengan Nepal, Bhutan, Bangladesh, dan Myanmar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)