Aparat Jerman Buru Ratusan Anggota Ekstremis Sayap Kanan

Jum'at, 23 Desember 2022 - 03:30 WIB
loading...
Aparat Jerman Buru Ratusan Anggota Ekstremis Sayap Kanan
Aparat Jerman Buru Ratusan Anggota Ekstremis Sayap Kanan. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Aparat Jerman tengah memburu ratusan anggota ekstremis sayap kanan. Perburuan ini dilakukan setelah turunnya surat perintah penangkapan.

Seperti dilaporkan surat kabar Taz yang berbasis di Berlin, Rabu (21/12/2022), ada surat perintah penangkapan terbuka untuk 674 orang dari spektrum sayap kanan, kata Kementerian Dalam Negeri sebagai tanggapan atas penyelidikan parlemen yang dilakukan oleh partai oposisi sayap kiri radikal.



Menurut informasi, 33 dari surat perintah penangkapan terkait dengan "pelanggaran kekerasan bermotivasi politik" dan 151 dengan "kejahatan dengan motivasi sayap kanan" seperti menampilkan simbol inkonstitusional atau menghasut kebencian.

Kasus yang tersisa melibatkan kejahatan umum seperti pencurian, penipuan keuangan, dan penipuan mendapatkan tunjangan kesejahteraan sosial.

“Antara Maret dan September tahun ini, 326 surat perintah penangkapan untuk orang-orang dari spektrum sayap kanan dieksekusi atau diselesaikan secara hukum, misalnya dengan membayar denda,” kata pernyataan kementerian tersebut.

Pada saat yang sama, surat perintah penangkapan baru dikeluarkan untuk orang yang sama atau orang lain dan pencarian dimulai.



Seorang anggota faksi Partai Kiri, Martina Renner, yang telah meminta penyelidikan parlemen, menyerukan peningkatan tekanan untuk mencari ekstremis sayap kanan yang sedang dalam pelarian.

“Jumlah surat perintah penangkapan terbuka yang tinggi menunjukkan bahwa kekerasan sayap kanan merupakan ancaman sehari-hari bahkan di luar penggerebekan yang spektakuler,” katanya kepada harian Taz.

Pemerintah koalisi kiri-tengah Kanselir Olaf Scholz telah berulang kali bersumpah untuk memberlakukan langkah-langkah yang lebih kuat untuk melawan ancaman yang meningkat yang ditimbulkan oleh kelompok-kelompok sayap kanan.

Negara ini telah menyaksikan meningkatnya rasisme dan xenofobia dalam beberapa tahun terakhir yang dipicu oleh propaganda kelompok sayap kanan, anti-Semit, dan anti-Muslim, termasuk partai oposisi utama Alternatif untuk Jerman (AfD).

Terorisme sayap kanan di Jerman telah merenggut nyawa sedikitnya 218 orang tak bersalah sejak 1989, menurut Yayasan Amadeu Antonio yang berbasis di Berlin. Kelompok hak asasi manusia telah lama mengkritik pihak berwenang karena meremehkan ancaman dan tidak secara serius menyelidiki kejahatan yang dilakukan oleh neo-Nazi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)