AS Kembali Rilis Ribuan Dokumen Rahasia Pembunuhan John F Kennedy

Jum'at, 16 Desember 2022 - 08:25 WIB
loading...
AS Kembali Rilis Ribuan Dokumen Rahasia Pembunuhan John F Kennedy
AS kembali merilis ribuan dokumen rahasia pembunuhan John F Kennedy. Foto/Yahoo
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) merilis ribuan dokumen rahasia yang sebelumnya dikumpulkan sebagai bagian dari tinjauan pemerintah atas pembunuhan Presiden John F. Kennedy (JFK) tahun 1963.

Kumpulan lebih dari 13.000 dokumen adalah yang kedua dikeluarkan dari dua dokumen terkait pembunuhan JFK yang diperintahkan Presiden Joe Biden tahun lalu ketika Gedung Putih menunda rilis publiknya karena pandemi Covid-19.

“Tragedi nasional yang mendalam atas pembunuhan Presiden Kennedy terus bergema dalam sejarah Amerika dan dalam ingatan begitu banyak orang Amerika yang hidup pada hari yang mengerikan itu; sementara itu, kebutuhan untuk melindungi catatan mengenai pembunuhan itu telah melemah seiring berjalannya waktu,” kata Gedung Putih dalam sebuah memorandum.

“Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa Pemerintah Amerika Serikat memaksimalkan transparansi dengan mengungkapkan semua informasi dalam catatan mengenai pembunuhan tersebut, kecuali bila alasan yang paling kuat menyarankan sebaliknya,” sambung memorandum itu seperti dikutip dari CNN, Jumat (16/12/2022).

Biden mengatakan dalam memo itu bahwa Arsip Nasional dan lembaga lain memiliki waktu hingga Mei 2023 untuk meninjau dokumen pribadi yang tersisa. Setelah itu, setiap informasi yang dirahasiakan dari wacana publik yang tidak direkomendasikan agensi untuk penundaan lanjutan akan dirilis sebelum 30 Juni 2023.

Pembunuhan Kennedy memicu gelombang pertanyaan dari publik dan peneliti, banyak teori konspirasi serta kerahasiaan refleksif dari pemerintah.

Para peneliti telah memperingatkan bahwa kemungkinan akan memakan waktu berhari-hari untuk memeriksa ribuan dokumen dengan sisir bergigi halus untuk memastikan tidak ada petunjuk baru seputar pembunuhan atau informasi sejarah baru tentang operasi CIA dan FBI di tahun 60-an.



Tetapi bagi banyak pembuat undang-undang dan pendukung transparansi, merilis semua dokumen yang tersisa adalah tentang mengembalikan kepercayaan pada fungsi pemerintah. Jajak pendapat publik telah lama menunjukkan bahwa mayoritas orang Amerika tidak mempercayai temuan resmi Komisi Warren bahwa Kennedy dibunuh oleh seorang pria lajang, Lee Harvey Oswald, yang bertindak sendiri.

Larry Sabato, penulis "The Kennedy Half Century: The Presidency, Assassination, and Lasting Legacy of John F. Kennedy," mengatakan kepada CNN bahwa meskipun mungkin ada beberapa permata tersembunyi di seluruh rilis dokumen, tidak akan merubah apa pun yang terjadi hari itu di tahun 1963.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)