5 Fakta Viktor Bout yang Dijuluki Merchant of Death

Selasa, 13 Desember 2022 - 14:42 WIB
loading...
5 Fakta Viktor Bout yang Dijuluki Merchant of Death
Viktor Bout adalah seorang pedagang senjata asal Rusia yang terkenal. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Nama Viktor Bout menjadi sorotan saat Rusia dan Amerika Serikat bertukar tahanan. Viktor Bout adalah seorang pedagang senjata asal Rusia yang terkenal.

Ia mendapat julukan Merchant of Death lantaran sepak terjangnya dalam bisnis senjata internasional. Berikut fakta mengenai Viktor Bout yang mengejutkan:

1. Bagian dari Pertukaran Tahanan Amerika Serikat dan Rusia

Pertukaran tahanan dilakukan oleh Amerika Serikat dan Rusia pada 8 Desember 2022. Diketahui, bintang bola basket Amerika Serikat, Brittney Griner, yang dipenjara di Rusia ditukar dengan pedagang senjata Rusia, Viktor Bout, yang dipenjara di Amerika Serikat.

Bout diekstradisi Thailand ke Amerika Serikat pada 2010, usai operasi tangkap tangan oleh DEA (Drug Enforcement Agency) Amerika Serikat pada 2008.

2. Mempunyai Julukan Terkenal

Bout mempunyai julukan terkenal, yaitu Merchant of Death atau pedagang kematian. Pria kelahiran Tajikistan, 13 Januari 1967 ini menjadi pedagang senjata yang terkenal di dunia.

Diketahui, Bout menjual senjata ke berbagai negara hingga kelompok pemberontak. Ia menjalankan bisnis senjata setelah bubarnya Uni Soviet. Keruntuhan Uni Soviet menjadi keuntungan bagi Bout.

Pasalnya, ia mendapat 60 pesawat militer Uni Soviet tua yang digunakannya untuk memasok senjata ke seluruh dunia.

3. Dijatuhi Hukuman 25 Tahun Penjara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)