Roda Pendaratan Turun, Malaysia Airlines MH370 Diduga Ditenggelamkan dengan Cepat

Selasa, 13 Desember 2022 - 12:58 WIB
loading...
Roda Pendaratan Turun, Malaysia Airlines MH370 Diduga Ditenggelamkan dengan Cepat
Pakar pakar mengungkap roda pendaratan Malaysia Airlines MH370 diturunkan saat tragedi terjadi, menguatkan dugaan pesawat sengaja dijatuhkan dan ditenggelamkan dengan cepat. Foto/REUTERS/Olivia Harris
A A A
KUALA LUMPUR - Para pakar mengatakan roda pendaratan pada penerbangan Malaysia Airlines MH370 telah turun saat tragedi pada Maret 2014. Menurut mereka, itu menguatkan dugaan bahwa pilot sengaja melakukannya dengan tujuan agar pesawat tenggelam ke laut dengan cepat.

Teori yang beredar selama ini adalah penerbangan Malaysia Airlines MH370 jatuh di suatu tempat di Samudera Hindia dengan 239 orang di dalamnya pada Maret 2014.

Kapten pilot Zaharie Ahmad Shah telah menjadi pusat spekulasi, termasuk dugaan bahwa dia sengaja menjatuhkan penerbangan yang hingga kini tak ditemukan itu.

Bulan lalu, pintu roda pendaratan yang dianggap milik penerbangan MH380 ditemukan seorang nelayan Madagaskar. Menurut para pakar, ini adalah bukti pertama yang ditemukan yang menunjukkan bahwa salah satu pilot penerbangan nahas itu bertindak dengan sengaja.



Pintu telah diidentifikasi sebagai komponen dari Boeing 777, yang dikenal sebagai pintu trunnion. Itu kemungkinan menembus bagian dalam mesin pesawat yang hancur.

Ini, kata para pakar, membuat roda pendaratan sangat mungkin diturunkan ketika pesawat jatuh ke laut. Analisis para pakar ini diterbitkan surat kabar The Times, Selasa (13/12/2022).

Para pejabat terkait tidak mengumumkan temuan bukti penting tersebut hingga Senin kemarin, tetapi hal itu telah mendorong seruan untuk penyelidikan lebih lanjut atas hilangnya penerbangan MH370 pada 8 Maret 2014.

Penerbangan itu membawa 239 orang, termasuk 12 awak Malaysia, serta 227 penumpangnya yang berasal dari 14 negara berbeda. Semuanya yang ada di dalam penerbangan itu telah dianggap meninggal meski jejak mereka belum pernah ditemukan.



Pesawat Boeing 777 itu menghilang dari layar radar saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing. Pesawat berbelok tak terduga dari jalur penerbangan yang direncanakan dan malah dilacak radar militer di atas Selat Malaka sebelum kehilangan kontak.

Setelah bertahun-tahun mempertanyakan penyebabnya, analisis oleh Richard Godfrey, seorang insinyur Inggris, dan Blaine Gibson, seorang investigator Amerika Serikat yang mencari reruntuhan MH370, menyatakan bahwa pesawat itu jatuh dengan cepat, dan dengan niat yang disengaja.

Jika sebuah pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat di air, pilot dilatih untuk menjaga agar roda pendaratan tetap ditarik untuk dampak kecepatan rendah yang terkendali.

Itulah yang dilakukan kapten maskapai AS Chesley "Sully" Sullenberger yang dengan gagah berani mendaratkan sebuah Airbus di sungai Hudson di New York pada tahun 2009.

Para pakar sekarang mengatakan, berdasarkan bukti baru, flaps pada MH370 diyakini tidak ditarik ketika mendarat di Samudera Hindia bagian selatan.

Menurut The Times, dengan sengaja memperpanjang roda pendaratan, salah satu pilot kemungkinan besar menyebabkan badan pesawat segera putus. Ini juga akan meningkatkan kemungkinan maskapai tenggelam dengan cepat.

Ini akan memberikan waktu yang terbatas bagi para penyintas untuk mengevakuasi diri dari pesawat.

"Kombinasi dampak kecepatan tinggi yang dirancang untuk memecah pesawat dan roda pendaratan yang diperpanjang yang dirancang untuk menenggelamkan pesawat secepat mungkin menunjukkan maksud yang jelas untuk menyembunyikan bukti kecelakaan," tulis surat kabar itu mengutip para pakar dan investigator.

Godfrey sebelumnya mengatakan pilot Zaharie Ahmad Shah sengaja mengubah arah dan kecepatan untuk menghindari "memberikan gambaran yang jelas ke mana dia menuju".

"Jika pesawat terdeteksi, pilot juga menghindari memberikan gambaran yang jelas ke mana dia menuju dengan menggunakan jalur penerbangan dengan sejumlah perubahan arah," kata Godfrey dalam laporan terpisah tahun lalu.

Temuan terbarunya hanya menambah teori bahwa salah satu pilot berada di balik hilangnya pesawat tersebut. Teman Zaharie Ahmad Shah mengeklaim pilot itu "kesepian dan sedih" dan diyakini "depresi klinis".

Zaharie Ahmad Shah adalah seorang pilot berpengalaman berusia 53 tahun, dari Penang. Co-pilotnya, Fariq Abdul Hamid (27), telah bergabung dengan Malaysian Airlines tujuh tahun sebelumnya.

Shah, yang telah menikah dan memiliki anak, merupakan pengkritik vokal presiden Malaysia pada saat itu. Polisi yang menyelidiki pilot tersebut menemukan dia telah menggunakan komputer rumahnya untuk menjalankan simulasi penerbangan replika Boeing 777 melintasi Samudera Hindia sebulan sebelumnya—sesuatu yang dirahasiakan oleh Malaysia dari laporan publik.

Secara total, 36 bagian dari puing-puing MH370 telah ditemukan—sebagian besar oleh Gibson. Dari 36 itu, 19 di antaranya ditemukan terdampar di Madagaskar.

Menurut The Times, bagian terbaru--pintu roda pendaratan berukuran 32 inci kali 28 inci—tampaknya cocok dengan yang digunakan pada pesawat Boeing 777.

Nelayan bernama Tataly—yang menemukannya pada tahun 2017 di dekat rumahnya di Semenanjung Antsiraka di Madagaskar—tidak menyadari pentingnya barang tersebut, dan telah digunakan sebagai papan cuci oleh istrinya sejak penemuannya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)