Turki Berharap Dapat Lampu Hijau dari AS untuk Pembelian Jet Tempur F-16

Sabtu, 10 Desember 2022 - 18:30 WIB
loading...
Turki Berharap Dapat Lampu Hijau dari AS untuk Pembelian Jet Tempur F-16
Turki Berharap Dapat Lampu Hijau dari AS untuk Pembelian Jet Tempur F-16. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Turki yakin kesepakatan senilai USD6 miliar yang telah lama ditunggu-tunggu untuk membeli jet tempur F-16 akan berjalan setelah Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) memperkenalkan amandemen anggaran pertahanan tahunan yang menghilangkan serangkaian rintangan untuk penjualan tersebut.

Pada Selasa (6/12/2022), anggota parlemen di Senat dan DPR AS mencapai kesepakatan tentang RUU kebijakan pertahanan tahunan. Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional Fiskal 2023 akan disahkan oleh Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat bulan ini sebelum dikirim ke Gedung Putih.



Pada Oktober 2021, Turki mengajukan permintaan ke AS untuk membeli 40 jet tempur Lockheed Martin F-16 dan sekitar 80 kit modernisasi untuk memperbarui armada yang ada. Namun, Washington sejauh ini telah menolak untuk memberikan "lampu hijau" atas penjualan tersebut, dengan mengatakan bahwa itu harus mengikuti proses standar.

“Penghapusan pasal-pasal yang mengikat penjualan jet tempur ke Ankara dengan persyaratan terbatas dari draf NDAA menghilangkan hambatan penting untuk pembelian Turki atas 40 F-16 baru dan 80 kit modernisasi F-16 dari AS,” kata Ozgur Unluhisarcikli, Ankara direktur kantor Dana Marshall Jerman AS, kepada Arab News.

Dalam sebuah surat yang ditulis kepada Kongres pada bulan Maret, Departemen Luar Negeri mengatakan potensi penjualan jet dan perlengkapan modernisasi ke Turki akan memperkuat hubungan bilateral dan persatuan jangka panjang NATO.

“Pemerintah yakin bahwa tetap ada kepentingan persatuan dan kemampuan aliansi NATO jangka panjang, serta kepentingan keamanan nasional, ekonomi dan komersial AS yang didukung oleh hubungan perdagangan pertahanan AS yang sesuai dengan Turki,” kata surat itu.



Sentimen terhadap Turki dalam pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah melunak setelah upaya mediasi Ankara selama konflik Ukraina dan berkat kebijakan normalisasi dengan bekas saingannya, termasuk UEA, Arab Saudi, Israel, dan Mesir.

Dalam wawancara dengan penyiar CNN Turk bulan lalu, juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, mengatakan bahwa persetujuan AS untuk penjualan jet tempur F-16 ke Turkiye dapat diselesaikan dalam satu atau dua bulan.

Pada bulan Agustus, delegasi teknis Turki bertemu di Washington dengan para ahli dan otoritas dari Lockheed Martin, sementara delegasi politik lainnya bersama diplomat Turki juga melakukan kegiatan lobi di AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)