Sekjen NATO Khawatir Perang Ukraina Bisa Jadi Konflik yang Lebih Luas

Sabtu, 10 Desember 2022 - 17:50 WIB
loading...
Sekjen NATO Khawatir Perang Ukraina Bisa Jadi Konflik yang Lebih Luas
Sekjen NATO Khawatir Perang Ukraina Bisa Jadi Konflik yang Lebih Luas. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengungkapkan kekhawatiran bahwa pertempuran di Ukraina dapat lepas kendali dan menjadi perang antara Rusia dan NATO.

“Jika ada yang salah, mereka bisa menjadi sangat salah,” kata Stoltenberg dalam sambutannya kepada penyiar Norwegia NRK, Jumat (9/12/2022).



“Ini adalah perang yang mengerikan di Ukraina. Itu juga perang yang bisa menjadi perang penuh yang menyebar menjadi perang besar antara NATO dan Rusia. Kami sedang mengusahakannya setiap hari untuk menghindari itu," lanjut Stoltenberg.

Stoltenberg juga mengatakan dalam wawancara itu, bahwa tidak ada keraguan kemungkinan perang besar-besaran. Ia menambahkan bahwa penting untuk menghindari konflik yang melibatkan lebih banyak negara di Eropa dan menjadi penuh -perang di Eropa.

Kremlin telah berulang kali menuduh sekutu NATO secara efektif menjadi pihak dalam konflik dengan memberi Ukraina senjata, melatih pasukannya, dan memberi makan intelijen militer untuk menyerang pasukan Rusia.

Dalam komentar yang mencerminkan meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Barat, Presiden Vladimir Putin menyarankan agar Moskow berpikir untuk menggunakan apa yang dia gambarkan sebagai konsep serangan pendahuluan AS.



“Berbicara tentang serangan pelucutan senjata, mungkin ada baiknya memikirkan untuk mengadopsi ide-ide yang dikembangkan oleh rekan-rekan AS kami, ide-ide mereka untuk memastikan keamanan mereka,” katanya.

Jauh sebelum perang Ukraina, Kremlin menyatakan keprihatinan tentang upaya AS untuk mengembangkan apa yang disebut kemampuan Serangan Global Cepat yang membayangkan mengenai sasaran strategis musuh dengan senjata konvensional yang dipandu dengan presisi di mana pun di dunia dalam waktu satu jam.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)