Zelensky: Tentara Rusia Hancurkan Bakhmut, Sulitkan Serangan Ukraina

Sabtu, 10 Desember 2022 - 13:36 WIB
loading...
Zelensky: Tentara Rusia Hancurkan Bakhmut, Sulitkan Serangan Ukraina
Presiden Volodymyr Zelensky kesal dengan tentara Rusia yang menghancurkan kota Bakhmut sehingga menyulitkan serangan pasukan Ukraina di Donbas. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan tentara Rusia menghancurkan Bakhmut habis-habisan. Itu membuat serangan pasukan Kiev di wilayah Donbas menjadi sangat sulit.

Dalam pidato malamnya yang disiarkan televisi, Zelensky mengaku telah membahas situasi di garis depan Donbas dan prospek musim dingin di medan perang selama percakapan dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada hari sebelumnya.

Dia mengatakan wilayah Donbas, yang meliputi wilayah Donetsk dan Luhansk, telah menjadi tanah telantar tak bernyawa menyusul pertempuran brutal dan berkelanjutan antara pasukan Rusia dan Ukraina.



"Situasi garis depan tetap sangat sulit di wilayah utama Donbas—Bakhmut, Soledar, Maryinka, Kreminna..." kata Zelensky.

"Untuk waktu yang lama, tidak ada tempat tinggal yang tersisa di tanah daerah ini yang tidak rusak oleh peluru dan api. Para penjajah benar-benar menghancurkan Bakhmut, kota Donbas lainnya yang diubah oleh tentara Rusia menjadi reruntuhan yang terbakar," kesal Zelensky, seperti dikutip Newsweek, Sabtu (10/12/2022).

"Saya berterima kasih kepada semua pahlawan kita, semua prajurit dan komandan yang memegang garis depan ke arah ini, menangkis serangan dan menimbulkan kerugian yang signifikan pada musuh sebagai tanggapan atas neraka yang memasuki Ukraina di bawah bendera Rusia," imbuh Zelensky.

Upaya Rusia untuk menguasai Donetsk dan Luhansk telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Keduanya bagian dari empat empat wilayah yang diklaim telah dianeksasi oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir September.

Komentar Zelensky muncul satu hari setelah organisasi tentara bayaran Rusia yang terkenal, Wagner Group, berhasil memukul mundur serangan balik Ukraina di dekat Bakhmut. Situasi pertempuran itu dipaparkan kelompok Institute for the Study of War (ISW).

"Pasukan Rusia melanjutkan serangan darat di sekitar Bakhmut pada 7 Desember," bunyi laporan ISW.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)