Bos Intel AS: Putin Terkejut dengan Kinerja Militer Rusia yang Mengecewakan

Senin, 05 Desember 2022 - 11:03 WIB
loading...
Bos Intel AS: Putin Terkejut dengan Kinerja Militer Rusia yang Mengecewakan
Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) Avril Haines sebut Presiden Vladimir Putin terkejut dengan kinerja militer Rusia yang mengecewakan dalam perangnya di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) Avril Haines mengatakan pasukan Rusia di Ukraina menghabiskan amunisi lebih cepat daripada yang dapat digantikan oleh industri pertahanan negara itu.

Dia juga mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin terkejut dengan kinerja militer Rusia yang mengecewakan dalam perangnya di Ukraina.

Menurut Haines, penggunaan amunisi yang lebih cepat itu mendorong Moskow untuk mencari bantuan dari negara lain, termasuk Korea Utara.

Itu disampaikan Haines kepada Andrea Mitchell dari NBC News dalam sebuah panel di Reagan Defense Forum di Simi Valley, California, Minggu, yang dilansir Senin (5/12/2022).

Ditanya seberapa cepat Rusia menggunakan amunisi, Haines menjawab: “Saya rasa saya tidak dapat memberi Anda angka yang tepat di forum ini. Tapi cukup cepat. Maksud saya, ini sangat luar biasa.”

"Dan perasaan kami sendiri adalah bahwa mereka tidak mampu memproduksi secara natural apa yang mereka belanjakan pada tahap ini. Jadi itu akan menjadi tantangan," paparnya.



Pentagon mengatakan bulan lalu bahwa Rusia menembakkan 20.000 peluru artileri setiap hari, meskipun telah mengalami serangkaian kemunduran di medan perang.

Menggemakan pernyataan sebelumnya dari pejabat administrasi Joe Biden, Haines mengatakan bahwa Rusia menggunakan amunisi presisi bahkan lebih cepat daripada amunisi konvensionalnya.

Pemerintahan Biden sebelumnya mengatakan Rusia telah beralih ke Korea Utara untuk mengamankan lebih banyak pasokan amunisi artileri.

Haines mengatakan bahwa tingkat bantuan Korea Utara tampaknya terbatas tetapi itu adalah sesuatu yang akan terus dipantau oleh komunitas intelijen.

“Kami telah mengindikasikan bahwa kami telah melihat beberapa pergerakan, tetapi tidak banyak pada tahap ini,” katanya tentang peran Korea Utara.

Kekurangan amunisi yang menjulang hanyalah salah satu dari sejumlah tantangan yang dihadapi militer Rusia, kata Haines, mengutip masalah moral dan logistik juga.

Kepala intelijen Amerika itu mengatakan bahwa tempo perang di Ukraina tampaknya melambat dengan dimulainya musim dingin dan kedua militer akan mencoba mengatur ulang dan mengumpulkan kembali kekuatannya untuk lebih banyak pertempuran di musim semi.

Namun dia mengatakan komunitas intelijen memiliki skeptisme yang cukup bahwa pasukan Rusia akan cukup siap untuk bentrokan baru.

Menurut Haines, Presiden Vladimir Putin terkejut dengan kinerja militernya yang mengecewakan setelah invasi ke Ukraina pada bulan Februari.

“Saya pikir dia menjadi lebih tahu tentang tantangan yang dihadapi militer di Rusia. Tapi masih belum jelas bagi kami apakah dia memiliki gambaran lengkap pada tahap ini tentang betapa tertantangnya mereka," kata Haines.

Putin, lanjut Haines, tidak mengubah tujuan politiknya untuk mengendalikan Ukraina secara efektif, tetapi tidak jelas apakah dia akan menerima ambisi militer yang diperkecil.

"Saya pikir analis kami akan mengatakan dia mungkin bersedia melakukan itu untuk sementara dengan gagasan bahwa dia mungkin akan kembali ke masalah ini di lain waktu," katanya.

Haines menambahkan, meskipun protes baru-baru ini tidak menimbulkan tantangan serius bagi cengkeraman kekuasaan Putin, kritik terhadap pelaksanaan perang di dalam Rusia telah meningkat dari tokoh-tokoh politik, dan itu dapat memengaruhi pengambilan keputusannya dalam konflik tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)