AS Sebut Vladimir Putin Bawa Perang Ukraina ke Level Barbar Baru

Senin, 05 Desember 2022 - 07:22 WIB
loading...
AS Sebut Vladimir Putin Bawa Perang Ukraina ke Level Barbar Baru
Amerika Serikat anggap Presiden Rusia Vladimir Putin membawa perangnya di Ukraina ke level barbar baru. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Amerika Serikat (AS) berpendapat Presiden Rusia Vladimir Putin tidak tulus tentang dialog damai dengan Ukraina . Sebab, dia membawa perang ke level "barbarisme" baru dengan mencoba mematikan listrik warga sipil.

Pendapat itu diutarakan Wakil Menteri Luar Negeri AS Urusan Politik Victoria Nuland saat bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan pejabat senior Ukraina lainnya di Kiev.

Kunjungan diplomat Washington itu untuk menunjukkan dukungan Amerika pada saat Rusia berusaha menghancurkan infrastruktur energi negara itu.

"Diplomasi jelas merupakan tujuan semua orang, tetapi Anda harus memiliki mitra yang bersedia," katanya kepada wartawan, seperti dikutip Reuters, Senin (5/12/2022).



"Dan sangat jelas, apakah itu serangan energi, apakah itu retorika dari Kremlin dan sikap umum, bahwa Putin tidak tulus atau siap untuk itu," lanjut dia.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Kamis pekan lalu bahwa dia siap untuk berbicara dengan Putin jika pemimpin Rusia itu tertarik untuk mengakhiri perangnya di Ukraina.

Namun gagasan itu mati dengan cepat ketika Kremlin mengatakan Barat harus mengakui aneksasi yang diumumkan Moskow atas empat wilayah Ukraina.

Reaksi dari Rusia ini, kata Nuland, menunjukkan "betapa tidak seriusnya mereka".

Rusia telah melakukan serangan besar-besaran terhadap transmisi listrik dan infrastruktur pemanas Ukraina sejak Oktober, yang menurut Kiev dan sekutunya adalah kampanye yang disengaja untuk menyakiti warga sipil dan merupakan kejahatan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)