Tak Takut China Marah, Anggota Parlemen Australia Akan Sambangi Taiwan

Sabtu, 03 Desember 2022 - 16:13 WIB
loading...
Tak Takut China Marah, Anggota Parlemen Australia Akan Sambangi Taiwan
Delegasi anggota parlemen Australia akan menyambangi Taiwan minggu esok untuk melakukan kunjungan 5 hari. Foto/Ilustrasi
A A A
CANBERRA - Sekelompok anggota parlemen Australia akan berangkat ke Taiwan pada Minggu esok untuk melakukan kunjungan selama lima hari. Hal itu diungkapkan seorang juru bicara salah satu politisi, mempertaruhkan kemarahan China saat hubungan kedua negara mulai mencair.

Rincian kunjungan tersebut dikonfirmasikan kepada AFP oleh juru bicara Scott Buchholz, seorang anggota parlemen konservatif yang ada dalam delegasi tersebut.

Perjalanan bipartisan tersebut akan menjadi kunjungan ke Taiwan pertama dalam lebih dari tiga tahun, periode yang ditandai dengan gangguan panjang pada perjalanan udara yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Delegasi yang terdiri dari enam anggota parlemen itu termasuk anggota Partai Buruh yang berkuasa serta oposisi konservatif Partai Liberal dan sekutunya, Partai Nasional.

"Mantan wakil perdana menteri Barnaby Joyce, dari Partai Nasional, adalah bagian dari kelompok itu," kata juru bicara Buchholz seperti dikutip dari France 24, Sabtu (3/12/2022).

Menurut Weekend Australian para anggota parlemen dijadwalkan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Menteri Luar Negeri Joseph Wu dan pejabat senior lainnya.

Baca: Hampir Separuh Warga Australia Dukung Intervensi Militer Bela Taiwan

Buchholz mengatakan kunjungan yang didukung oleh Taiwan itu bertujuan untuk menyampaikan keinginan untuk perdamaian di kawasan Asia-Pasifik.

"Hanya karena kami berteman dengan Taiwan bukan berarti kami tidak bisa berteman dengan China," kata Buchholz kepada surat kabar tersebut.

Laporan itu mengatakan rencana perjalanan itu dirahasiakan untuk mencegah China melobi untuk menentangnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2604 seconds (11.97#12.26)