Ukraina-Rusia Kembali Lakukan Pertukaran Tawanan Perang

Jum'at, 02 Desember 2022 - 17:15 WIB
loading...
Ukraina-Rusia Kembali Lakukan Pertukaran Tawanan Perang
Ukraina-Rusia Kembali Lakukan Pertukaran Tawanan Perang. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Kementerian Pertahanan Rusia dan Kepala Administrasi Kepresidenan Ukraina mengatakan, kedua negara telah menukar 50 personel layanan pada Kamis (1/12/2022) dalam pertukaran tahanan terbaru antara kedua belah pihak.

Sebelumnya pada hari Kamis, pejabat tinggi Rusia di wilayah Donetsk yang sebagian diduduki Ukraina mengatakan, Moskow dan Kiev masing-masing akan menyerahkan 50 tawanan perang.

Baca: Ukraina Tolak Akui Eksekusi Brutal Lebih dari 10 Tawanan Perang Rusia

Andriy Yermak, kepala administrasi kepresidenan Ukraina melaporkan tentang pembebasan 50 "pelindung Ukraina". Ia mengatakan bahwa pertukaran tawanan perang akan berlanjut "sampai Ukraina terakhir dibebaskan".

"Para pembela Mariupol dan Azovstal telah kembali. Termasuk juga yang ditangkap dalam pertempuran di arah Donetsk, Luhansk dan Zaporizhzhia," tulis Yermak di aplikasi pesan Telegram.

Rusia mengatakan akan menerbangkan para tahanan yang dibebaskan ke Moskow untuk pemeriksaan medis dan rehabilitasi.

"Pada 1 Desember tahun ini, 50 prajurit Rusia yang menghadapi bahaya maut di penangkaran telah dibawa kembali dari wilayah yang dikuasai rezim Kiev sebagai hasil dari proses negosiasi," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Baca: NYT Akui Keaslian Video Tawanan Perang Rusia Dieksekusi Tentara Ukraina

Pesawat angkut militer dari Pasukan Dirgantara Rusia akan mengantarkan semua prajurit yang dibebaskan ke Moskow untuk perawatan medis dan pemulihan di institusi medis Kementerian Pertahanan. Semua prajurit yang dibebaskan menerima bantuan medis dan psikologis yang diperlukan, kementerian meyakinkan.

Pertukaran tahanan sebelumnya dengan pihak Ukraina diadakan pada 26 November ketika sembilan tentara Rusia dikembalikan dari wilayah yang dikuasai Kiev.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3007 seconds (11.210#12.26)