Ukraina Tolak Akui Eksekusi Brutal Lebih dari 10 Tawanan Perang Rusia

Senin, 21 November 2022 - 11:54 WIB
loading...
Ukraina Tolak Akui Eksekusi Brutal Lebih dari 10 Tawanan Perang Rusia
Ukraina menolak akui eksekusi brutal lebih dari 10 tawanan perang Rusia oleh tentara Kiev. Foto/Telegram via Russia Today
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina menolak untuk mengakui bahwa pasukannya telah mengeksekusi secara brutal lebih dari 10 tawanan perang Rusia .

Komisaris Parlemen Ukraina untuk Hak Asasi Manusia pada hari Minggu mengatakan yang terjadi adalah tentara Ukraina membela diri dengan melawan tentara Rusia yang berpura-pura menyerah.

Video yang beredar di media sosial Rusia pekan lalu menunjukkan sekitar 10 mayat prajurit Moskow dieksekusi pasukan Kievb dengan tembakan di kepala.



"Kutipan dari sebuah video menunjukkan bahwa Rusia menggunakan penangkapan bertahap...melakukan kejahatan perang dengan melepaskan tembakan ke Angkatan Bersenjata Ukraina," kata ombudsman Ukraina Dmytro Lubinets.

"Ini berarti para prajurit [yang dibunuh] tidak dapat dianggap sebagai tawanan perang," ujarnya.

"Mereka yang ingin menggunakan perlindungan hukum internasional untuk membunuh harus dihukum," imbuh dia, seperti dikutip AFP, Senin (21/11/2022).

Satu video yang beredar di media sosial menunjukkan para tentara Rusia tampaknya menyerahkan diri kepada beberapa personel militer Ukraina.

Para tentara Rusia terlihat berbaring di tanah di halaman belakang rumah yang dipenuhi puing-puing.

Video tiba-tiba terputus saat tembakan terdengar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)